Yati Rabni,, - (2021) Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Ditinjau dari Minat Belajar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV_.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Yati Rabni, (2021): Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Ditinjau dari Minat Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah ditinjau dari minat belajar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah 9 orang siswa kelas VIII A MTs Desa Sawah. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket minat belajar, soal tes pemecahan masalah pada materi Bangun Ruang Sisi Datar berupa 4 butir soal berbentuk uraian, dan pedoman wawancara. Seluruh data kemudian dianalisis melalui 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum, siswa dengan minat belajar tinggi dan sedang sudah mampu menyelesaikan soal pemecahan masalah dengan baik. Namun, masih terdapat siswa dengan minat belajar tinggi yang mengalami kesulitan ketika menerjemahkan ilustrasi dari soal yang menyebabkan siswa tidak menulis apa yang ditanyakan dari soal, dan siswa juga kurang lengkap dalam menulis dan menggunakan langkah sesuai dengan kondisi soal, serta belum menyelesaikan perhitungan sesuai dengan yang ditanyakan soal. Siswa dengan minat belajar sedang mengalami kesulitan ketika menerjemahkan ilustrasi dari soal yang menyebabkan siswa kurang lengkap menulis unsur yang diketahui maupun unsur yang ditanyakan pada soal, serta belum menyelesaikan perhitungan sesuai dengan yang ditanyakan soal, dan siswa juga tidak tepat dalam menerjemahkan ke dalam model matematika, tidak tepat dalam menggunakan data yang akan dimasukkan, serta tidak tuntas dalam memeriksa kebenaran jawaban yang diperoleh. Sedangkan siswa dengan minat belajar rendah belum mampu menyelesaikan soal pemecahan masalah dengan baik dan benar, mereka mengalami kesulitan di tahap dalam menggunakan konsep, prinsip maupun dalam menyelesaikan masalah verbal. Hasil penelitian ini dapat menjadi masukan bagi guru untuk perbaikan desain pembelajaran guna meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata Kunci: Analisis, Kesulitan Siswa, Pemecahan Masalah, Minat Belajar, Kualitatif, Bangun Ruang Sisi Datar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 10 Aug 2021 08:37 |
Last Modified: | 10 Aug 2021 08:38 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53865 |
Actions (login required)
View Item |