Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI PEMASARAN HOME INDUSTRY KERUPUK UBI DI KELURAHAN PASIR SIALANG KECAMATAN BANGKINANG MENURUT EKONOMI SYARIAH

MAHLIZA PUTRI, - (2021) STRATEGI PEMASARAN HOME INDUSTRY KERUPUK UBI DI KELURAHAN PASIR SIALANG KECAMATAN BANGKINANG MENURUT EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Mahliza Putri (2021) : Strategi Pemasaran Home Industry Kerupuk Ubi di Kelurahan Pasir Sialang Kecamatan Bangkinang Menurut Ekonomi Syariah Skripsi ini dilatar belakangi oleh strategi pemasaran yang digunakan para produsen dan para pengrajin Home Industry kerupuk ubi di Kelurahan Pasir Sialang belum efektif, hal ini dapat dilihat dari rendahnya volume penjualan, dan para produsen masih menggunakan sistem distribusi pemasaran langsung dengan cara konsumen langsungan datang ke produsen atau sebaliknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran Home Industry kerupuk ubi di kelurahan pasir sialang kecamatan bangkinang menurut ekonomi syariah, untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat pemasaran kerupuk ubi di kelurahan pasir sialang kecamatan bangkinang, dan untuk mengetahui tinjauan ekonomi syariah terhadap strategi pemasaran Home Industry kerupuk ubi di kelurahan pasir sialang kecamatan bangkinang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) yang berlokasi di Kelurahan Pasir Sialang. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Adapun jumlah informan adalah 2 orang pemilik dari Home Industry. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam menganalisa data adalah Metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, strategi pemasaran yang dilakukan oleh para produsen Home Industry kerupuk ubi di Kelurahan Pasir Sialang menerapkan bauran pemasaran 4p yaitu product, price, promotion, place. Dari segi produk yang ditawarkan memiliki kualitas rasa yang khas, penetapan harga dengan mengambil sedikit keuntungan dengan modal yang dikeluarkannya, promosi yang dilakukan hanya melalui mulut ke mulut sehingga kurang efektif, distribusinya langsung dan tidak langsung, dilakukan dirumah saja dan dipasarkan dipasar tradisional saja dan juga melalui agen-agen pengecer. Adapun faktor pendukung dari adanya Home Industry Kerupuk ubi di kelurahan pasir sialang adalah bahan baku, serta pendistribusian yang baik. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurang modal, pendapatan yang tidak menentu, pengetahuan yang kurang efektif. Tinjauan ekonomi syariah terhadap Strategi Pemasaran Home Industry Kerupuk Ubi Di Kelurahan Pasir Sialang telah sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi yaitu strategi produksi dalam memasarkan produknya mengedepankan nilai kejujuran yaitu produknya halal, kemudian strategi harga berlaku adil dan strategi promosi tidak melakukan kecurangan atau kebohongan didalamnya yang membuat pelanggan tidak mau lagi membeli di usaha tersebut dan strategi distribusi merugikan orang lain. Kata kunci : Strategi Pemasaran, Home Industry.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 10 Aug 2021 08:11
Last Modified: 10 Aug 2021 08:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53860

Actions (login required)

View Item View Item