Sandi Satrio (2014) PENERAPAN PERMAINAN “JELASKAN KATA ITU” UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 026 SIMPANG KARE KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (57kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (324kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (15kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan permainan “jelaskan kata itu” dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V Sekolah Dasar Negeri Simpang Kare Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah dengan Penerapan Permainan “jelaskan kata itu” dapat Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan SosialKelas V Sekolah Dasar Negeri 026Simapang Kare Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar?”. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun tahapan-tahapan yang dilalui dalam PTK, yaitu : 1) perencanaan/persiapan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 026Simpang Kare Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar, sedangkan objeknya adalah Penerapan Permainan “jelaskan kata itu” dan Aktivitas Belajar Siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Adapun jumlah siswa dalam penelitian ini berjumlah 16 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, adanya peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Hasil ini dapat dilihat dari rata-rata persentase aktivitas belajar siswa yaitu sebelum tindakan hanya 48,83% Pada siklus I aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial hanya mencapai rata-rata persentase 58,21% atau aktivitas belajar siswa tergolong “Cukup” karena berada pada rentang 41% - 60%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 81,25% atau aktivitas belajar siswa tergolong “Sangat Kuat” karena berada pada rentang 81% - 100%. Artinya keberhasilan siswa telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu 75%. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan Permainan “jelaskan kata itu” dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosialkelas V Sekolah Dasar Negeri 026 Simpang Kare Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 13 Jun 2016 02:53 |
Last Modified: | 13 Jun 2016 02:53 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5385 |
Actions (login required)
View Item |