Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MEKANISME PELAKSANAAN AKAD MUDHARABAH MUTHLAQAH PADA PRODUK SIMPANAN SUKARELA DI BMT MITRA ARTA PEKANBARU

SRI MULYANI, - (2021) MEKANISME PELAKSANAAN AKAD MUDHARABAH MUTHLAQAH PADA PRODUK SIMPANAN SUKARELA DI BMT MITRA ARTA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (420kB)

Abstract

SRI MULYANI (2021) : MEKANISME PELAKSANAAN AKAD MUDHARABAH MUTHLAQAH PADA PRODUK SIMPANAN SUKARELA DI BMT MITRA ARTA PEKANBARU Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya Baitul Maal wat Tamwil Mitra Arta Pekanbaru yang memiliki produk simpanan sukarela yang banyak diminati oleh anggota BMT Mitra Arta Pekanbaru. Simpanan sukarela ini dapat diambil kapan saja oleh anggota BMT Mitra Arta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan akad mudharabah muthlaqah pada produk simpanan sukarela di BMT Mitra Arta Pekanbaru dan kelebihan serta kekurangan pada produk simpanan sukarela di BMT Mitra Arta Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan di BMT Mitra Arta Pekanbaru dengan key informan sebanyak 2 orang yaitu manager marketing dan costumer service. Adapun sumber data penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Dan teknik pengumpulan data ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisa data dalam penelitian ini adalah deskriptif. Dari hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa mekanisme pelaksanaan akad mudharabah muthlaqah pada produk simpanan sukarela di BMT Mitra Arta ini digunakan untuk masyarakat maupun anggota dalam menyimpan dananya dalam bentuk simpanan sukarela. Dimana setiap anggota yang membuka simpanan sukarela di BMT Mitra Arta ini diwajibkan memiliki 2 (dua) rekening simpanan, yaitu: rekening simpanan mitra yang terdiri dari simpanan pokok dan simpanan wajib, dan rekening simpanan sukarela. Dengan setoran awal simpanan sukarela sebesar Rp100.000,- dan setoran minimal Rp10.000,-. Dengan prosedur pembukaan simpanan sukarela yaitu (1) mengisi formulir pembukaan rekening, (2) melampirkan syarat-syarat, (3) membayar simpanan pokok dan simpanan wajib, (4) membayar setoran awal simpanan sukarela, (5) pembacaan akad, dan (6) pembagian nisbah. Adapun kelebihan dan kekurangan dari akad mudharabah muthlaqah pada produk simpanan sukarela. Kelebihannya adalah (1) bebas biaya administrasi pembukaan rekening simpanan sukarela, (2) bebas biaya administrasi bulanan, (3) dapat pelayanan antar jemput untuk menabung, (4) mendapat bagi hasil setiap bulannya, (5) dapat diberikan pembiayaan untuk usaha, (6) simpanan dikelola secara amanah, profesional dan sesuai dengan syariah, dan (7) setorannya terjangkau. Sedangkan kekurangan dari simpanan sukarela adalah (1) tidak adanya kartu ATM, (2) tidak adanya fasilitas internet banking, dan (3) mengkonfimasi apabila akan melakukan penarikan diatas Rp1.000.000,-. Kata kunci: Mudharabah Muthlaqah, Simpanan Sukarela, BMT Mitra Arta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbankan Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 10 Aug 2021 08:34
Last Modified: 10 Aug 2021 08:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53849

Actions (login required)

View Item View Item