Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE CARD SORT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 UJUNGBATU KABUPATEN ROKAN HULU

RENI AFRIANTI, - (2021) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE CARD SORT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 UJUNGBATU KABUPATEN ROKAN HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Reni Afrianti(2021): Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Card Sort Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Ujungbatu Kabupaten RokanHulu Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan pada motivasi belajar siswa di kelas yang menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe card sort dengan motivasi siswa yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Ujungbatu Kabupaten Rokan Hulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah bentuk Nonequivalent Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Ujungbatu, sedangkan yang menjadi objeknya adalah pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe card sort terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS sebanyak 147 siswa, sedangkan sampel pada penelitian ini adalah kelas X IPS 3 dan X IPS 4 dengan jumlah 71 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji tes “t” dengan taraf signifikan 5% (1,66724) dan 1% (2,38161) atau 1,66724 < 18,471 > 2,38161 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan motivasi belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe card sort dengan strategi pembelajaran konvensional yaitu ceramah pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Ujungbatu. Kata Kunci:Pengaruh, Card Sort, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 10 Aug 2021 17:59
Last Modified: 10 Aug 2021 17:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53848

Actions (login required)

View Item View Item