Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PEMIMPIN IDEAL DALAM TUNJUK AJAR MELAYU PERSPEKTIF AL-QUR’AN (Kajian Tentang Sifat Shiddiq, Amanah, Fathanah Dan Tabligh)

YULINDAWATI, - (2021) PEMIMPIN IDEAL DALAM TUNJUK AJAR MELAYU PERSPEKTIF AL-QUR’AN (Kajian Tentang Sifat Shiddiq, Amanah, Fathanah Dan Tabligh). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI YULINDAWATI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Nilai-Nilai Pemimpin Ideal Dalam Tunjuk Ajar Melayu Perspektif Al-Qur’an (Kajian Tentang Sifat Shiddiq, Amanah, Fathanah, Dan Tabligh)”. Pemimpin adalah orang yang memengaruhi pihak lain melalui proses kewibawaan komunikasi sehingga orang lain tersebut bertindak untuk mencapai tujuan tertentu. Pemimpin ideal dalam tunjuk ajar Melayu mempunyai beberapa sifat yang menjadi tolak ukur untuk mencapai pemimpin ideal yaitu sifat shiddiq, amanah, fathanah, dan tabligh. Penelitian ini memilih sifat shiddiq, amanah, fathanah, dan tabligh disebabkan karena empat sifat ini yang pada umumnya dimiliki oleh Nabi Muhammad s.a.w., dalam menjalankan kepemimpinan. Dan di dalam tunjuk ajar Melayu itu sendiri keempat sifat ini menjadi acuan yang sangat penting dalam kepemimpinan. Persoalan yang akan di teliti dalam skripsi ini mengenai: 1) Bagaimana rumusan nilai-nilai pemimpin ideal dalam tunjuk ajar Melayu?, 2) Bagaimana pandangan para mufassir terhadap nilai-nilai pemimpin dalam tunjuk ajar Melayu?. Adapun metode penelitian yang nantinya disampaikan dalam skripsi ini adalah dengan langkah metode analisis tematik (maudhu’i), yakni menafsirkan ayat-ayat yang berkaitan dengan pemimpin ideal dari kitab-kitab tafsir, kemudian menganalisis nilai-nilai pemimpin ideal dalam tunjuk ajar Melayu dan di dalam al-Qur‟an. Adapun hasil dari penelitian ini adalah sifat shiddiq, amanah, fathanah, dan tabligh merupakan sifat yang sangat penting di dalam tunjuk ajar Melayu karena dengan memiliki keempat sifat tersebut pemimpin ini akan mampu menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya, dan dipercaya bisa memberikan kesejahteraan lahiriah dan batiniah bagi masyarakat, bangsa, dan negaranya. Adapun nilai-nilai pemimpin ideal melalui penafsiran Hamka, Muhammad Quraish Shihab, dan Wahbah Zuhaili, berdasarkan dari tafsiran tiga orang mufassir ini mereka berpendapat bahwa sifat shiddiq, amanah, fathanah, dan tabligh merupakan sifat yang penting bagi seorang pemimpin. karena keempat sifat ini merupakan sifat yang dimiliki oleh Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم dalam menjalankan tugasnya dengan baik. Dan keempat sifat ini lah yang menjadi acuan bagi umat Islam dalam mencari seorang pemimpin yang ideal. Kata kunci : Nilai-Nilai, Pemimpin Ideal,Tunjuk Ajar Melayu,Tafsir Tematik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 11 Aug 2021 00:43
Last Modified: 11 Aug 2021 00:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53832

Actions (login required)

View Item View Item