Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR ONLINE SISWA SMP NEGERI 9 TAPUNG DIMASA PANDEMI COVID-19

SRI ASFIKURNIA, - (2021) PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR ONLINE SISWA SMP NEGERI 9 TAPUNG DIMASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Sri Asfikurnia, (2021): Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Online Siswa SMP Negeri 9 Tapung disaat Pandemi Covid-19 Hasil penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru Bimbingan Konseling dalam mengatasi kejenuhan belajar online siswa dimasa pandemi covid-19 dan mengetahui faktor yang mempengaruhi peran guru Bimbingan Konseling dalam mengatasi kejenuhan belajar online siswa disaat pandemi covid- 19. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 9 Tapung. Informan penelitan ini adalah satu orang guru bimbingan konseling dan dua orang siswa menjadi informan tambahan. Teknik pengumpulan data yang terdiri dari wawancara dan dekomentasi. Trigulasi data yang digunakan yaitu triangulasi sumber. Hasil pennelitian ini dapat disimpulkan bahawa peran guru bimbingan konseling sangat penting dalam mengatasi kejenuhan belajar online siswa yaitu dengan mengembangkan bidang bimbingan dan layanan konseling yang didalam konsep bimbingan dan konseling seperti bimbingan kelompok dan layanan konseling individual. Guru bimbingan dan koseling berperan sebagai fasilator dan konsultan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dimasa pandemi covid-19. Faktor yang mempengaruhi peran guru Bimbingan Konseling dalam mengatasi kejenuhan belajar online siswa yaitu belajar yang monoton, banyak tugas-tugas yang menumpuk, materi pembelajaran sulit dipahami, kelelahan pada diri peserta didik, dan kurang motivasi siswa yang menyebabkan peran guru bimbingan konseling dalam mengatasi kejenuhan belajar tidak terlaksana. Kata Kunci: Peran Guru BK, Kejenuhan Belajar, Pandemi Covid-19

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 09 Aug 2021 23:51
Last Modified: 09 Aug 2021 23:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53818

Actions (login required)

View Item View Item