Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE RADIAL BASIS FUNCTION (RBF) DAN K-MEANS UNTUK MENENTUKAN PENERIMA BANTUAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) (STUDI KASUS : DESA ALAMPANJANG)

Ranjeni Sahesti, - (2021) PENERAPAN METODE RADIAL BASIS FUNCTION (RBF) DAN K-MEANS UNTUK MENENTUKAN PENERIMA BANTUAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) (STUDI KASUS : DESA ALAMPANJANG). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
Laporan TA Lengkap Kecuali Hasil Penelitian - RANJENI SAHESTI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
Hasil Penelitian (BAB IV & V).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Desa Alampanjang merupakan salah satu desa penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Kampar, namun dalam penyaluran bantuan ini belum sepenuhya tepat sasaran disebabkan oleh data yang digunakan masih menggunakan data Basis Data Terpadu (BDT) lama, selain itu banyaknya data dan kriteria dalam menetukan calon Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH menyebabkan tidak semua data tervalidasi dengan baik dikarenakan kesalahan dari pendamping PKH ataupun dari KPM PKH itu sendiri. Aplikasi yang dapat membantu proses penentuan penerima PKH ini yaitu dengan menerapkan ilmu jaringan syaraf tiruan menggunakan metode Radial Basis Function (RBF) dan K-Means. Penelitian ini menggunakan 963 data BDT masyarakat desa Alampanjang dengan 34 variabel untuk menentukan penerima bantuan PKH. Pengujian menggunakan nilai threshold 0,1 sampai 0,9 dan nilai spread 1 sampai 9. Hasil pengujian menunjukkan nilai akurasi terbaik terdapat pada nilai k = 35, dengan nilai spread = 5 dan nilai threshold = 0,6 pada pembagian data 90%:10% yaitu 94,18%. Tingkat akurasi yang didapatkan berdasarkan hasil pengujian ini dapat dikategorikan kedalam tingkat akurasi yang baik karena tingkat akurasi yang didapatkan hampir mendekati nilai 100%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 09 Aug 2021 07:31
Last Modified: 09 Aug 2021 07:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53807

Actions (login required)

View Item View Item