Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP NEGERI 1 KEMPAS PADA MATERI GETARAN, GELOMBANG DAN BUNYI

RIAN SUGIANTO, - (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP NEGERI 1 KEMPAS PADA MATERI GETARAN, GELOMBANG DAN BUNYI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI RIAN SUGIANTO.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rian Sugianto (2021) : Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving terhdap Keterampilan Berpikir Kritis siswa SMP Negeri 1 Kempas pada materi Getaran, Gelombang dan Bunyi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran problem solving terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMP Negeri 1 Kempas pada materi getaran gelombang dan bunyi. Metode penelitian ini menggunakan pre-experiment dengan desain penelitian pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kempas pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 yang terdiri dari 5 kelas 119 siswa dan dipilih 1 kelas menggunakan teknik (purposive sampling) kelas VIII B 17 siswa sebagai sampel penelitian. Instrumen tes yang digunakan lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran dan aktivitas siswa, tes keterampilan berpikir kritis, dan skala sikap tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran problem solving. Teknik analisis data yang digunakan adalah N-gain, uji normalitas Shapiro-Wilk dan uji hipotesis one sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran problem solving terhdapa keterampilan berpikir kritis melalui yang singifikan sebesar 77% dengan kategori tinggi. Tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran problem solving pada materi getaran, gelombang dan bunyi skor rata-rata adalah sebesar 72% dengan kategori sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penerapan model pembelajaran problem solving pada penelitian ini Kata kunci: berpikir kritis, problem solving,getaran, gelombang,bunyi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 10 Aug 2021 13:40
Last Modified: 10 Aug 2021 13:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53797

Actions (login required)

View Item View Item