Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN PEMERINTAH DESA DALAM PENGELOLAAN BADAN USAHA MILIK DESA MAJU BERSAMA TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT BERDASARKAN PERATURAN DAERAH NOMOR 1 TAHUN 2014 DI DESA SEPAHAT KECEMATAN BANDARLAKSMANA KABUPATEN BENGKALIS

NURIZAT HIDAYAT, - (2021) PERAN PEMERINTAH DESA DALAM PENGELOLAAN BADAN USAHA MILIK DESA MAJU BERSAMA TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT BERDASARKAN PERATURAN DAERAH NOMOR 1 TAHUN 2014 DI DESA SEPAHAT KECEMATAN BANDARLAKSMANA KABUPATEN BENGKALIS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Badan Usaha Milik Desa selanjutnya disebut BUM Desa adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh Desa melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan Desa yang dipisahkan guna mengelola aset, jasa pelayanan dan usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan Masyarakat Desa. Untuk meningkatkan perekonomian desa Sepahat, maka pemerintah Desa mendirikan BUM Desa, yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan perekonomian masyarakat. Setelah berdirinya bumdes tersebut tetapi dalam kenyataanya BUM Desa Sepahat tidak berjalan secara maksimal, dan itu dapat dilihat dari kehidupan masyarakat yang masih ada orang yang tidak mampu, dalam kata lain miskin dalam bidang perekonomian, tentu menimbulkan permasalahan ditengah masyarakat. Peran Pemerintah Desa dalam pengelolaan Badan Usaha Milik Desa Maju Bersama terhadap peningkatan pendapatan masyarakat berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2014 di Desa Sepahat Kecematan Bandarlaksmana Kabupaten Bengkalis tidak terlaksana dengan baik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peran Pemerintah Desa dalam pengelolaan Badan Usaha Milik Desa Maju Bersama terhadap peningkatan pendapatan masyarakat berdasarkan peraturan daerah nomor 1 tahun 2014 di Desa Sepahat Kecematan Bandarlaksmana Kabupaten Bengkalis, serta untuk mengetahui faktor penghambat pengelolaan Badan Usaha Milik Desa Maju Bersama terhadap peningkatan pendapatan masyarakat Desa Sepahat Kecematan Bandarlaksmana Kabupaten Bengkalis. Jenis penelitian hukum sosiologis, yaitu penelitian lapangan yang menggunakan metode pendekatan yuridis empiris yakni melihat sesuatu kenyataan hukum di dalam masyarakat. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dan penarikan kesimpulan secara induktif. Peran Pemerintah Desa dalam pengelolaan Badan Usaha Milik Desa Maju Bersama terhadap peningkatan pendapatan masyarakat berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2014 di Desa Sepahat Kecematan Bandarlaksmana Kabupaten Bengkalis tidak terlaksana dengan baik. Adapaun faktor penghambatnya dalah diantaranya; (i) sumber daya manusia yang kurang; (ii) kurangnya anggaran dalam pengelolaan BumDes; (iii) kurangnya kepedulian dari Pemerintah Desa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 08 Aug 2021 14:42
Last Modified: 08 Aug 2021 14:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53793

Actions (login required)

View Item View Item