Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK SAINS TERINTEGRASI NILAI KEISLAMAN MATERI SISTEM PERNAFASAN MANUSIA DI MTS AL-MUTTAQIN PEKANBARU

Jannatul Aulia, - (2021) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK SAINS TERINTEGRASI NILAI KEISLAMAN MATERI SISTEM PERNAFASAN MANUSIA DI MTS AL-MUTTAQIN PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (BAB LENGKAP KECUALI BAB 4)
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Jannatul Aulia, (2021): Pengembangan Media Komik Sains Terintegrasi Nilai Keislaman Materi Sistem Pernafasan Manusia MTs Al-Muttaqin. Komik sains terintegrasi nilai keislaman yang dikembangkan dalam penelitian ini merupakan media yang sebelumnya belum pernah digunakan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di MTs Al-Muttaqin. Melalui wawancara guru IPA dan peserta didik, diketahui dalam proses pembelajaran sudah menggunakan media pembelajaran namun belum bervariasi seperti media komik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menghasilkan produk media pembelajaran berupa komik sains terintegrasi nilai keislaman pada materi sistem pernafasan manusia, mengetahui validitas komik yang dikembangkan, dan mengetahui praktikalitas penggunaan media tersebut di MTs Al-Muttaqin. Media komik dibuat untuk menarik minat peserta didik untuk membaca dan memahami teori dengan cara yang menyenangkan dan tidak monoton. Pengembangan media komik dilakukan dengan metode Research and Development (R and D) dengan mengadaptasi pengembangan Borg and Gall yang dimodifikasi dari Sugiyono, dibatasi hanya pada langkah ketujuh karena pertimbangan keterbatasan waktu dan biaya. Adapun hasil validitas komik dinyatakan valid berdasarkan hasil validasi ahli media dengan memperoleh nilai rata-rata 89%, ahli materi memperoleh nilai rata-rata 94% dan ahli integrasi nilai keislaman memperoleh nilai rata-rata 88% dengan kategori seluruh penilaian dinyatakan sangat valid dan layak untuk digunakan. Selain itu berdasarkan uji praktikalitas oleh guru IPA dinyatakan bahwa media komik yang dihasilkan sangat praktis digunakan peserta didik dalam pembelajaran, dilihat dari skor total dengan nilai rata-rata 93% tanpa direvisi, dan berdasarkan uji praktikalitas peserta didik dalam uji lapangan terbatas kepada peserta didik kelas VIII MTs Al-Muttaqin sebanyak 24 siswa diperoleh nilai rata-rata 93,4% sehingga dinyatakan sangat praktis. .Kata Kunci: Komik, Integrasi Nilai Keislaman, Pernafasan Manusia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 10 Aug 2021 06:30
Last Modified: 10 Aug 2021 06:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53792

Actions (login required)

View Item View Item