Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 16 PEKANBARU

AULIATUL RAHMA, - (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 16 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (672kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

AULIATUL RAHMA (2021) : PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 16 PEKANBARU Menghadapi kemajuan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam dunia pendidikan dibutuhkan beberapa kemampuan, salah satunya kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Learning Cycle 7E pada materi larutan penyangga terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMA Negeri 16 Pekanbaru. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang terdiri dari 2 kelas XI IPA dan 2 Kelas XI IPS, sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasy experiment) dengan desain Pretest-Posttest Control Group. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis siswa setelah dilakukan perlakuan dapat dilihat dari selisih nilai pretest dan posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengolahan data dilakukan secara kuantitatif yaitu dengan menggunakan t-test. Berdasarkan hasil analisis dengan uji ttest diperoleh nilai thitung = 2.561 dengan df = 75. Diketahui nilai Sig. (2-tailed) 0,012. Nilai Sig. (2-tailed) lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 atau (0,012 <0,05). Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disumpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi larutan penyangga sebesar 15%. Kata Kunci: Keterampilan Berpikir Kritis, Model Pembelajaran Learning Cycle 7E, Larutan Penyangga

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 10 Aug 2021 07:47
Last Modified: 10 Aug 2021 07:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53790

Actions (login required)

View Item View Item