Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN TERINTEGRASI NILAI ISLAM PADA SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU DI KOTA PEKANBARU

YULIA SEPTI WAHYUNI, YULIA (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN TERINTEGRASI NILAI ISLAM PADA SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU DI KOTA PEKANBARU. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
THESIS AYU BAB 1-5 (TANPA 4).pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE, (Analysis, Design, Development, Implementation and Depvelpoment). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) dan Terintegrasi Nilai Islam Pada siswa kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Di Kota Pekanbaru yang valid dan praktis. Penelitian ini dilakukan di tiga Sekolah Dasar Islam Terpadu, SDIT Tiara Islamic School, SDIT Fadhilah dan SDIT Aulia Cendikia Islamic School di Kota Pekanbaru, Riau. Penelitian ini menggunakan purposive sampling, yaitu untuk uji coba kelompok kecil, diambil sampel sebanyak 9 orang peserta didik yang terdiri dari 3 orang peserta didik dari SDIT Tiara Islamic School, 3 orang peserta didk dari SDIT Fadhilah , dan 3 orang peserta didik dari Aulia Cendikia Islamic School. Adapun Subjek penelitian ini adalah para ahli materi dan media yang berasal dari dosen dan guru serta peserta didik SDIT Tiara Islamic School, SDIT Fadhilah Pekanbaru, dan Aulia Cendikia Islamic School Kota Pekanbaru, Riau. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil uji validitas, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) dan Terintegrasi Nilai Islam untuk peserta didik dan persentase tingkat kevalidan LKPD. Uji Kepraktisan respon siswa dengan kategori “sangat praktis” dan respon guru dengan kategori “sangat praktis”. Dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) dan Terintegrasi Nilai Islam Sekolah Dasar Islam Terpadu Di Kota Pekanbaru sangat valid dan sangat praktis sehingga layak untuk digunakan oleh peserta didik kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT). Kata Kunci: LKPD, Contextual Teaching And Learning (CTL),Terintegrasi Nilai Islam.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah-S2
Depositing User: pps -
Date Deposited: 09 Aug 2021 06:06
Last Modified: 09 Aug 2021 06:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53781

Actions (login required)

View Item View Item