Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MANAJEMEN DISTRIBUSI DANA SIMPAN PINJAM PEREMPUAN (SPP) UNTUK MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT KELURAHAN BATU BERSURAT KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR MENURUT EKONOMI ISLAM

ZAHROTUL JANNAH, - (2021) MANAJEMEN DISTRIBUSI DANA SIMPAN PINJAM PEREMPUAN (SPP) UNTUK MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT KELURAHAN BATU BERSURAT KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR MENURUT EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (849kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI ZAHROTUL JANNAH JURNAL.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Manajemen Distribusi Dana Simpan Pinjam Perempuan (SPP) Untuk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Kelurahan Batu Bersurat Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar Menurut Ekonomi Syariah.” Progam Amanah Pemberdayaan Masyarakat (APM) Simpan Pinjam Perempuan (SPP) merupakan Program Nasional penangulangan kemiskinan yang berbasis pemberdayaan masyarakat, dan salah satunya adalah program Simpan Pinjam Perempuan (SPP) yang memberikan pinjaman kepada perempuan yang mempunyai usaha dan mengalami kekurangan modal. Latar belakang penulis memilih judul ini karena ingin mengetahui bagaimana Manajemen Distribusi Dana Simpan Pinjam Perempuan (SPP) untuk meningaktakan ekonomi masyarakat Kelurahan Batu Bersurat Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar, apa saja faktor pendukung dan penghambatnya, serta bagaimana tinjauan ekonomi syariah terhadapnya. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Manajemen Distribusi Dana Simpan Pinjam Perempuan (SPP) untuk meningkatkan ekinomi masyarakat Kelurahan Batu Bersurat Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar, untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambatnya, serta untuk mengetahui tinjauan ekonomi syariah terhadapnya. Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Batu Bersurat Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Populasi dalam penelitian ini didapat dari jumlah pengelola 3 dan 176 orang menjadi nasabah Simpan Pinjam Perempuan (SPP). Jadi total keseluruhan populasinya adalah sebanyak 179 orang, sedangkan dari nasbah Simpan Pinjam Perempuan (SPP) diambil 15% dari jumlah populasi. Dengan demikian jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 26 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka kegiatan distribusi atau pun penyaluran dana yang dilakukan oleh Amanah Pemberdayaan Masyarakat (APM) Simpan Pinjam Perempuan (SPP) sudah sesuai dengan ekonomi syariah, karena Simpan Pinjam Perempuan (SPP) telah menerapkan prinsip keadilan dalam menyalurkan dananya kepada masyarakat, sehingga hal tersebut dapat memberikan peluang kepada masyarakat dalam mengembangkan usaha yang telah dijalankan. Namun pada aspek pengawasan belum sesuai dengan ekonomi syariah karena pengelola tidak melaksanakan amanah untuk mengawasi penggunaan dana, padahal pengawasan merupakan aspek penting dalam manajemen. Kata Kunci: Manajemen, Distribusi Dana, Ekonomi Syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 10 Aug 2021 00:57
Last Modified: 10 Aug 2021 00:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53759

Actions (login required)

View Item View Item