Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS MANAJEMEN PELAYANAN CALON JAMAAH HAJI DAN UMRAH DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN KAMPAR TAHUN 2019

FUJI SARAH, - (2021) ANALISIS MANAJEMEN PELAYANAN CALON JAMAAH HAJI DAN UMRAH DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN KAMPAR TAHUN 2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (629kB)
[img]
Preview
Text
Skripsi fuji sarah.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama : Fuji Sarah Prodi : Manajemen Dakwah Judul : Analisis Manajemen Pelayanan Calon Jamaah Haji Dan Umrah Di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kampar Tahun 2019 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penyelenggaraan haji yang terkait dengan tugas pelayanan pendaftaran, masyarakat cenderung menggeneralisasi bahwa kantor kementerian agama tidak beres mengurus haji. Anggapan semacam ini juga terjadi di Kementrian Agama Kabupaten Kampar yang kebanyakan masyarakatnya mendaftar dan menyerahkan semua urusan haji ke KBIH yang dipercaya, padahal tidak semua KBIH mempunyai fasislitas dalam memenuhi standar pelayanan dan bimbingan haji. Manajemen pelayanan yang dilakukan masih kurang efektif, hal ini berdasarkan fakta yang diperoleh bahwa calon jama‟ah haji menyampaikan keluhan mulai dari proses pendaftaran, keberangkatan, hingga pemulangan ke tanah air. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memahami manajemen pelayanan calon jamaah haji dan umrah di kantor kementerian agama Kabupaten Kampar tahun 2019. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. Untuk memfokuskan permasalahan, maka penelitian ini dilakuakan pada kantor Kementerian Agama Kabupaten Kampar pada bagian penyelenggaraan haji dan umrah. Agar penelitian tepat sasaran, maka peneliti menggunakan seluruh populasi sebagai informan dalam penelitian dan menggunakan trigulasi data untuk validitas data yang didapatkan. Informan pada penelitian ini yaitu empat orang staf pelayanan yang mengurus haji dan umrah di kantor Kementerian Agama Kabupaten Kampar, dari hasil penelitian yang telah dilakukan didapatkan bahwa pelayanan secara adminstrasi, bimbingan manasik, transportasi, akomodasi, konsumsi dan pelayanan kesehatan telah dilakukan secara maksimal, meskipun terdapat beberapa kendala seperti sarana dan prasarana yang ada, oknum jama‟ah yang tidak faham akan sistem pelayanan dan juga kadang akibat kurangnya komunikasi dengan pihak travel. Kata Kunci : Manajemen, Pelayanan, Calon Jamaah Haji, Kementerian Agama Kabupaten Kampar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 10 Aug 2021 07:06
Last Modified: 10 Aug 2021 07:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53741

Actions (login required)

View Item View Item