EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI KECAMATAN BENGKALIS

Maryani, (2014) EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI KECAMATAN BENGKALIS. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (74kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (19kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Bengkalis dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri kecamatan Bengkalis. Masalah dalam penelitian ini adalah mengenai proses evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Bengkalis dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri kecamatan Bengkalis. Untuk mencapai maksud di atas, penulis menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, cara mengumpul data peneliti melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan pada 9 Sekolah Menengah Pertama Negeri kecamatan Bengkalis dengan jumlah responden sebanyak 16 orang guru Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri kecamatan Bengkalis belum seluruhnya sesuai dengan langkah langkah(prosedur) pelaksanaan evaluasi pembelajaran. Adapun faktor yang dapat mendukung pelaksanaan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri kecamatan Bengkalis adalah program evaluasi telah tersusun dengan baik, guru kreatif dan berwawasan dalam mengembangkan alat evaluasi, waktu yang memadai, kesiapan peserta didik, dan tersediaanya sarana dan prasarana PAI, Sedangkan faktor penghambatnya adalah terlalu banyak rentetan evaluasi sehingga kekurangan waktu untuk mempersiapkannya, kemampuan guru dalam mengembangkan alat evaluasi sangat terbatas, adanya perubahan jadwal pelajaran, tingkat pemahaman siswa yang berbeda-beda, siswa dalam memahami soal tergantung pada kondisi, siswa kurang merespon pelaksanaan evaluasi, dan siswa kurang memahami soal atau perintah.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Program Pascasarjana > Thesis
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 11 Jun 2016 06:45
Last Modified: 11 Jun 2016 06:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5374

Actions (login required)

View Item View Item