Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

DIVORCE OUTSIDE THE RELIGIOUS COURT PRACTICE ANALYSIS OF COMMUNITY DIVORCE IN SIOLIP VILLAGE, BARUMUN DISTRICT, PADANG LAWAS REGENCY

Salmiah Siregar, - (2021) DIVORCE OUTSIDE THE RELIGIOUS COURT PRACTICE ANALYSIS OF COMMUNITY DIVORCE IN SIOLIP VILLAGE, BARUMUN DISTRICT, PADANG LAWAS REGENCY. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
File Lengkap Kecuali Bab Hasil Penelitian ( IV dan V).pdf

Download (13MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab Hasil Penelitian (Bab IV dan atau V ).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Salmiah Siregar (2021) :PERCERAIAN DI LUAR PENGADILAN AGAMA ANALISIS PRAKTIK PERCERAIAN MASYARAKAT DI DESA SIOLIP KECAMATAN BARUMUN KABUPATEN PADANG LAWAS Kasus Perceraian yang terjadi di luar Pengadilan Agama di desa Siolip terjadi pertengkaran antara suami dan istri karena berbagai faktor, diantaranya faktor ekonomi, faktor usia, dan tanggung jawab, suami tidak peduli atas nafkah istri dan anak. Adapun jenis penelitian dalam tesis ini adalah penelitian lapangan (field reseach). Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, penelitian yang dilakukan dengan cara melihat, mengamati atau mencari, sehingga rangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih kompleks, lebih mendetail, dan lebih komprehenship dari suatu hal yang diteliti, atau berusaha untuk menemukan atau menggambarkan keadaan suatu kejadian yang ada ditengah-tengah masyarakat. Dari hasil penelitian ini di temukan bahwa alasan mereka melakukan perceraian di luar pengadilan agama adalah karena mereka pernah mendengarkan guru-guru mereka menyampaikan bahwa hak talak diberikan kepada suami, tetapi kitab yang menjadi referensi gurunya tidak jelas, karena guru yang menyampaikan itu sekarang sudah meninggal yaitu ustadz Fauzi, Sementara Hukum berubah karena adanya persoalan-persoalan baru atau ada hukum yang memang perlu untuk ditinjau kembali. Karena hukum Islam merupakan hasil zaman dulu. Jadi dalam beberapa persoalan pun terkadang tidak bisa memberikan solusi pada zaman modren ini. Praktek perceraian yang terjadi di luar pengadilan agama di desa Siolip Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas. “Fenomena perceraian di luar Pengadilan Agama pada masyarakat desa Siolip adalah masih ada yang melakukan perceraian di luar pengadilan agama karena beberapa faktor, faktor waktu, karena menurut mereka mengurus perceraian di Pengadilan cukup rumit, faktor ekonomi dan faktor dimana mereka tidak ingin menikah lagi, tapi setelah mengetahui mafsadat dan mudharatnya bercerai di luar Pengadilan Agama mereka akan mendaftarkan perceraian mereka di depan sidang Pengadilan Agama agar tercapainya tertib hukum, dan mempunyai kekuatan hukum serta segala akibatnya bisa diatasi. Kata kunci : Kasus, Alasan, Praktek Perceraian di luar Pengadilan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDSalmiah Siregar, -UNSPECIFIEDsiregarsalmiah827@gmail.com
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 11 Aug 2021 02:08
Last Modified: 11 Aug 2021 02:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53735

Actions (login required)

View Item View Item