Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

DAMPAK KERUGIAN SISTEM RETURNABLE BARANG HARIAN PADA GROSIR MITRA MUJUR DI KECAMATAN TAPUNG MENURUT EKONOMI ISLAM

Alza Pranata, Alza (2021) DAMPAK KERUGIAN SISTEM RETURNABLE BARANG HARIAN PADA GROSIR MITRA MUJUR DI KECAMATAN TAPUNG MENURUT EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (496kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Lokasi penelitian adalah di Jalan garuda sakti km 6 karya indah, kec. Tapung, kab. Kampar. Pada usaha Grosir Mitra Mujur. Latar belakang penelitian bahwa jual beli barang tidak terhindar dari risiko cacatnya suatu produk baik itu kemasan, batas kadaluarsa dan kualitas produk yang kurang bagus. maka dalam teori adanya return barang atau pengembalian dan penukaran barang yang cacat.Return Return penjualan adalah pengembalian barang dagang dari pelanggan kepada perusahaan penjualan. berdasarkan wawancara awal pihak grosir sudah berusaha memenuhi kebutuhan pembeli dengan menganti barang yang rusak. Namun, fenomena yang didapat dilapangan masih ada beberapa pembeli yang mengembalikan barang dengan alasan yang tidak wajar seperti : kemesan yang sudah di sobek, adanya permintaan pembeli menganti barang dengan uang tunai, dan banyak para pembeli mengembalikan barang yang rusak namun tidak disertai bukti belanja.dan target penjualan mengalami fluktuatif. Maka dirumuskan masalah Bagaimana system return barang dalam usaha jual beli grosir di Toko Mitra Mujur Kec. Tapung, Bagaimana tinjauan ekonomi Islam tentang sistem return barang Grosir di Toko Mitra Mujur Kec. Tapung. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah 1 pemilik Grosir dan 7 karyawan maka penulis mengambil sampel untuk dijadikan informan (pihak yang diwawancara sebanyak 4 orang dengan teknik purposive sampling serta pembeli yang tidak menentu setiap harinya maka diambil sampel dengan kuota sebanyak 40 orang dengan teknik Acidental Sampling.. teknik pengumpulan data observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi, dan Studi kepustakaan. kemudian dianalisis mengunakan analisis deskriptif kualitatif. Sistem Return Barang dalam Usaha Jual Beli Grosir di Toko Mitra Mujur Kec. Tapung ditemukan hasil sebagai berikut: ada beberapa kriteria dalam prosedur sistem returnable barang diantaranya : Memeriksa kondisi barang, adanya bukti pembelian bon atau kwitansi, max 3 hari dari hari membeli, menukar dengan barang yang sama. dari penyebaran angket kepad pembeli didapat hasil bahwa adanya pengantian barang dengan tanggapan ia sebanyak 37 orang atau 92,5%, menganti barang dengan uang dengan tanggapan tidak sebanyak 37 orang atau 92,5%. Namun, adanya temuan bahwa pihak grosir kurang mengecek barang sebelum di bawa oleh pembeli dengan tanggapan kadang-kadang yaitu 17 orang atau 42,5%. Tinjauan Ekonomi Islam Tentang Sistem Return Barang Grosir di Toko Mitra Mujur Kec. Tapung adanya hak khiyar dengan tujuan keuntungan khiyar dalam sistem return ini adalah memberikan pelayanan terbaik dan kepuasan pada pembeli sehingga terjalin hubungan yang harmonis dengan pelanggannya. Namun, temuan dilapangan masih ada pembeli yang kurang jujur tentang barang yang cacat dan kurang telitinya pihak grosir meriks barangs ebelum di bawa pulang oleh pembeli.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sistem, Returnable Barang, Grosir
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 10 Aug 2021 07:41
Last Modified: 10 Aug 2021 07:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53720

Actions (login required)

View Item View Item