Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

SIFAT FISIK TANAH PADA PERKEBUNAN PTPN V LUBUK DALAM SIAK YANG MENGGUNAKAN LIMBAH CAIR KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.)

Rizki Rahmadi, - (2021) SIFAT FISIK TANAH PADA PERKEBUNAN PTPN V LUBUK DALAM SIAK YANG MENGGUNAKAN LIMBAH CAIR KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (478kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Limbah pakbrik kelapa sawit (PKS) dapat berpeluang untuk digunakan sebagai sumber unsur hara bagi tanaman kelapa sawit. Keuntungan penggunaan limbah kelapa sawit untuk pertanian antara lain mencegah pencemaran lingkungan, memberikan unsur hara pada tanaman dan dapat dimanfaatkan untuk lahan yang cukup luas. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui sifat fisik tanah yang meliputi bobot isi tanah, kadar air tanah, tekstur tanah dan warna tanah pada lahan yang telah di berikan pupuk limbah cair pabrik PKS. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2020. Lokasi pengambilan sampel tanah telah dilakukan di kawasan perkebunan tanaman kelapa sawit PTPN V Lubuk Dalam Siak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dimana pengambilan data dilakukan dengan metode observasi lapangan dan analisis laboratorium. Parameter yang diukur pada sifat fisik tanah diantaranya adalah bobot isi, porositas, tekstur, warna dan kadar air. Hasil penelitian menunjukkan Kriteria bobot isi tanah yang diberi pupuk sintetis berkisar 1,13% – 1,17% dan pupuk limbah cair pabrik PKS berkisar antara 1,09% – 1,14% yang termasuk kriteria baik. Kadar air tanah yang diberi pupuk sintetis dan pupuk limbah cair pabrik PKS berisar antara 25,71% - 30,03%. Sedangkan untuk tekstur, tanah bersifat lempung dan warna tanah hitam hingga coklat. Kesimpulan sifat fisik tanah pada lahan yang diberi pupuk sintetis dan pupuk limbah cair pabrik PKS memiliki kualitas tanah yang baik. Kata kunci : Kelapa Sawit, kualitas, pupuk organik, pupuk sintetis, tanah,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 10 Aug 2021 12:46
Last Modified: 10 Aug 2021 12:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53711

Actions (login required)

View Item View Item