Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MODIFIKASI CAHAYA MENGGUNAKAN LAMPU LED DENGAN LAMA PENYINARAN BERBEDA PADA PERSEMAIAN BENIH TOMAT (Solanum lycopersicum L.)

Muji Astuti, - (2021) MODIFIKASI CAHAYA MENGGUNAKAN LAMPU LED DENGAN LAMA PENYINARAN BERBEDA PADA PERSEMAIAN BENIH TOMAT (Solanum lycopersicum L.). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (514kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

INTISARI Konsumsi tomat diduga akan meningkat seiring dengan bertambahnya populasi penduduk, sementara luas area produksi diperkirakan akan semakin sempit. Solusi yang dapat dilakukan yaitu budi daya di dalam ruangan dengan memodifikasi cahaya matahari menggunakan lampu LED. Untuk mendapatkan warna lampu LED dan lama penyinaran terbaik atau sama baiknya dengan cahaya matahari. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Agustus sampai November 2019 di Laboratorium Agronomi dan Agrostologi dan Lahan Percobaan Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap dengan 11 taraf perlakuan dan 3 ulangan. 11 taraf perlakuan yaitu cahaya matahari (Kontrol), persemaian LED merah selama 6, 9, 12,15, dan 18 jam, persemaian LED biru 6, 9, 12,15 dan 18 jam. Parameter yang diukur adalah tinggi bibit, jumlah daun, daya berkecambah, indeks vigor, panjang akar, berat basah bibit serta berat kering bibit. Hasil penelitian menunjukkan penyinaran yang sama baiknya dengan penyinaran cahaya matahari yaitu pada penyinaran lampu LED merah selama 12 jam dalam pembibitan tomat. Kata Kunci: tomat, cahaya merah, cahaya biru, spectrum cahaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 10 Aug 2021 13:28
Last Modified: 10 Aug 2021 13:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53708

Actions (login required)

View Item View Item