Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGENDALIAN HAMA PENGGEREK POLONG KACANG PANJANG (Maruca vitrata Fab.) DENGAN MENGGUNAKAN EKSTRAK DAUN PEPAYA (Carica papaya L.)

Muhammad Arif Saputra, - (2021) PENGENDALIAN HAMA PENGGEREK POLONG KACANG PANJANG (Maruca vitrata Fab.) DENGAN MENGGUNAKAN EKSTRAK DAUN PEPAYA (Carica papaya L.). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (602kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Daun pepaya memiliki kandungan kimia seperti: papain, flavonoid, alkaloid, saponin dan senyawa tanin. Senyawa-senyawa tersebut berpotensi dalam mengendalikan serangga, sehingga dapat dijadikan pestisida nabati dalam mengendalikan hama penggerek polong. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan konsentrasi ekstrak daun pepaya yang efektif dalam pengendalian hama penggerek polong. Penelitian dilakukan di Lahan Percobaan Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau pada Bulan November 2019 sampai dengan Maret 2020. Tanaman kacang panjang yang telah diintroduksi hama penggerek polong diberi perlakuan penyemprotan ekstrak daun pepaya konsentrasi 0, 10, 20, 30, dan 40% yang disusun menurut rancangan acak lengkap (RAL). Parameter yang diamati adalah waktu awal kematian, WK mortalitas harian dan mortalitas total. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi ekstrak daun pepaya pada tanaman kacang panjang memberikan pengaruh sangat nyata dalam mengendalikan hama penggerek polong. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penyemprotan ekstrak daun pepaya konsentrasi 40% merupakan konsentrasi terbaik dalam mengendalikan hama penggerek polong selama 6 hari pada tanaman kacang panjang. 50, Kata kunci : ekstrak, pepaya, penggerek polong

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 10 Aug 2021 14:50
Last Modified: 10 Aug 2021 14:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53706

Actions (login required)

View Item View Item