Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENAPISAN BAKTERI PLANT GROWTH PROMOTING RHIZOBACTERIA ISOLAT RHIZOSFER NANAS (Ananas comosus (L.) Merr) DARI GAMBUT MERIN

Firsty Desy Saputri, - (2021) PENAPISAN BAKTERI PLANT GROWTH PROMOTING RHIZOBACTERIA ISOLAT RHIZOSFER NANAS (Ananas comosus (L.) Merr) DARI GAMBUT MERIN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (545kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Plant growth promoting rhizobacteria (PGPR) adalah sekumpulan bakteri yang berkoloni dan hidup di akar tanaman dan berperan sebagai perangsang pertumbuhan (biostimulan), penyedia hara (biofertilizer) dan pengendali patogen (bioprotektan). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bakteri yang berpotensi sebagai PGPR isolat bakteri rhizosfer nanas (Ananas comosus (L.) Merr) dari gambut merin. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Patologi, Entomologi, Mikrobiologi dan Ilmu Tanah Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau pada bulan Agustus-September 2020. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif eksperimental. Parameter yang digunakan adalah kemampuan bakteri dalam menghasilkan urease, menghasilkan selulase dan kemampuan menambat N. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 4 isolat (Bacillus sp. 1, Bacillus sp. 3 dan Pseudomonas sp. 1, Pseudomonas sp. 2) memiliki aktivitas urease. Isolat (Bacillus sp. 1, Bacillus sp. 2, Bacillus sp. 3 dan Pseudomonas sp. 1, Pseudomonas sp. 2) memiliki aktivitas selulase dan kemampuan menambat nitrogen, sehingga dapat disimpulkan bahwa lima isolat yang diujikan memiliki potensi sebagai PGPR. Kata kunci: biofertilizer, biostimulan, penambat N, selulase, urease.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 10 Aug 2021 00:03
Last Modified: 10 Aug 2021 00:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53705

Actions (login required)

View Item View Item