IMPLEMENTASI SISTEM PENATAAN ARSIP (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru)

Karno Ariyanto, (2014) IMPLEMENTASI SISTEM PENATAAN ARSIP (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru). Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (28kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Pekanbaru) Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penyimpanan arsip di MAN 1 Pekanbaru, bagaimana pencatatan dan pengecekan kembali arsip di MAN 1 Pekanbaru, bagaimana penemuan kembali arsip di MAN 1 Pekanbaru, bagaimana pemeliharaan dan pemusnahan arsip di MAN 1 Pekanbaru, bagaimana pemindahan dan pemusnahan arsip di MAN 1 Pekanbaru dan apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam implementasi sistem penataan arsip di MAN 1 Pekanbaru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyimpanan arsip di MAN 1 Pekanbaru, untuk mengetahui pencatatan dan pengecekan kembali arsip di MAN 1 Pekanbaru, untuk mengetahui penemuan kembali arsip di MAN 1 Pekanbaru, untuk mengetahui pemeliharaan dan pemusnahan arsip di MAN 1 Pekanbaru, untuk mengetahui pemindahan dan pemusnahan arsip di MAN 1 Pekanbaru dan untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam implementasi sistem penataan arsip di MAN 1 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala tata usaha, 1 orang staf tata usaha dan 1 orang wakil kepala Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru. Sedangkan objeknya adalah implementasi sistem penataan arsip di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru. Responden penelitian ini berjumlah 3 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara kepada kepala tata usaha, staf tata usaha dan wakil kepala madrasah, observasi pada objek yang diteliti dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan adalah dengan menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, model data, dan penarikan/verifikasi kesimpulan. Hasilnya adalah 1) Sudah melakukan penyimpanan terhadap arsip dengan menggunakan salah satu sistem yaitu sistem nomor. 2) Belum melakukan pencatatan terhadap peminjaman arsip, serta belum adanya kartu peminjaman arsip. 3) Sudah melakukan pengecekan terhadap peminjaman dan pengembalian arsip, hanya saja pengecekan dilakukan ketika adanya peminjaman arsip. 4) Penemuan kembali terhadap arsip saat diperlukan menggunakan cara manual dan elektronik (komputerisasi) dengan waktu 5-10 menit. 5) Sudah melakukan pemeliharan dan pengamanan arsip, dengan cara memasukkan arsip ke tempat penyimpanan arsip dan membersihkan tempat penyimpanan dari debu. 6) Sudah melakukan pemindahan terhadap arsip, hanya saja belum melakukan pemusnahan dan pembuatan jadwal retensi arsip. Adapun faktor penghambat: 1) Latar belakang pendidikan kepala tata usaha adalah lulusan D3 Akademi Sekretaris Bunda Persada, kemudian staff tata usaha lulusan SMA. Faktor pendukung: 1) Fasilitas/sarana prasarana cukup mendukung dalam penataan arsip. 2) Adanya pengawasan oleh kepala madrasah dalam penataan arsip. 3) Terciptanya komunikasi dan kerja sama yang baik antara pengelola arsip dengan k epala madrasah.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Program Pascasarjana > S2
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 11 Jun 2016 05:56
Last Modified: 11 Jun 2016 05:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5369

Actions (login required)

View Item View Item