Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS MEKANISME PENETAPAN HARGA JUAL DAN JASA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus: Foto Copy dan Percetakan Ar-Rayyan Desa Sungai Pinang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar)

Muhammad Qohar Islami, - (2021) ANALISIS MEKANISME PENETAPAN HARGA JUAL DAN JASA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus: Foto Copy dan Percetakan Ar-Rayyan Desa Sungai Pinang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Muhammad Qohar Islami (2021): Analisis Mekanisme Penetapan Harga Jual Dan Jasa Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus: Foto Copy dan Percetakan Ar-Rayyan Desa Sungai Pinang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar) Penelitian ini dilatar belakangi oleh penetapan harga pada usaha foto copy dan percetakan yang digunakannya belum sepenuhnya menerapkan prinsip-prinsip ekonomi Syariah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana mekanisme penetapan harga jual dan jasa pada Foto copy dan Percetakan Ar-Rayyan Desa Sungai Pinang dan dasar pemikiran Ekonomi Islam terhadap terhadap penetapan harga jual dan jasa pada Foto copy dan Percetakan Ar-Rayyan Desa Sungai Pinang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilakukan di Foto copy dan Percetakan Ar-Rayyan Desa Sungai Pinang. Subjek penelitian ini adalah pelaku usaha Foto copy dan Percetakan Ar-Rayyan, sedangkan objek penelitian ini adalah mekanisme penetapan harga Jual dan jasa pada Foto copy dan Percetakan Ar-Rayyan. Sumber informasi (Informan) dalam penelitian ini adalah pemilik usaha dan 3 orang karyawan serta 10 orang konsumen Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total Sampling. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan skunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mekanisme penetapan pembulatan harga dengan berbasis keadilan, penetapan harga di Fotocopy dan Percetakan Ar-Rayyan sudah sesuai dengan prinsip ekonomi Islam karena harga yang ditetapkan tidak mendzalimi pembeli yaitu Foto copy dan Percetakan Ar-Rayyan mengambil keuntungan pada tingkat kewajaran. Foto copy dan Percetakan Ar-Rayyan tidak mengambil keuntungan dari hasil pembulatan harga, tetapi sisa dari hasil pembulatan tersebut akan dikumpulkan dan dialihkan untuk dana sosial dan untuk kotak amal masjid. dan penetapan pembulatan harga merupakan titik keseimbangan antara kekuatan penawaran dan permintaan yang disepakati secara rela sama rela oleh penjual dan pembeli.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 10 Aug 2021 08:05
Last Modified: 10 Aug 2021 08:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53689

Actions (login required)

View Item View Item