Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

“PENGURUSAN KARTU IDENTITAS ANAK UNTUK PENINGKATAN PENDATAAN ADMINISTRASI OLEH DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN KUANTAN SINGINGI BERDASARKAN PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI NOMOR 2 TAHUN 2016 TENTANG KARTU IDENTITAS ANAK”

Wikda Hasti Bintari, - (2021) “PENGURUSAN KARTU IDENTITAS ANAK UNTUK PENINGKATAN PENDATAAN ADMINISTRASI OLEH DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN KUANTAN SINGINGI BERDASARKAN PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI NOMOR 2 TAHUN 2016 TENTANG KARTU IDENTITAS ANAK”. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Wikda Hasti Bintari (2021): Pengurusan Kartu Identitas Anak Untuk Peningkatan Pendataan Administrasi Oleh Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kuantan Singingi Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2016 Tentang Kartu Identitas Anak Penelitian ini membahas tentang Pengurusan Kartu Identitas Anak Untuk Peningkatan Pendataan Administrasi Oleh Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kuantan Singingi Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2016 Tentang Kartu Identitas Anak. Pengurusan Kartu Identitas Anak ini bertujuan meningkatkan pendataan pada anak di Kabupaten Kuantan Singingi yang tidak berjalan optimal ditambah dengan kendala-kendala yang dihadapi dalam penyelenggaraan kartu identitas anak. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengurusan kartu identitas anak oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kuantan Singingi untuk peningkatan pendataan administrasi berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2016 Tentang Kartu Identitas Anak serta apa yang menjadi faktor penghambat bagi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kuantan Singingi dalam proses pengurusan kartu identitas anak untuk peningkatan pendataan administrasi. Dalam penulisan skripsi ini dibatasi hanya di desa Kampung Baru Kecamatan Cerenti. Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum sosiologis. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan angket. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 97 responden, adapun yang di jadikan sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 responden. Adapun jenis dan sumber data penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik analisis data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengurusan kartu identitas anak untuk peningkatan pendataan administrasi oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kuantan Singingi masih kurang terselenggara secara optimal. Terlihat bahwa masih banyak anak-anak yang belum memiliki KIA. Sehingga tujuan pemerintah dalam menerbitkan KIA guna untuk meningkatkan pendataan belum berjalan sebagaimana mestinya yang di amanatkan oleh Pasal 2 dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak. Sedangkan faktor penghambat dalam pengurusan kartu identitas anak tersebut diantaranya dikarenakan kurangnya informasi dan sosialisasi mengenai kartu identitas anak, tingkat kesadaran masyarakat akan keperluan kartu identitas anak tidak tinggi, kondisi geografis yang jauh, kurangnya sumber daya manusia atau petugas pelayanan kependudukan, serta adanya oknum yang memanfaatkan situasi. Keywords : KIA, Pendataan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 10 Aug 2021 04:24
Last Modified: 10 Aug 2021 04:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53657

Actions (login required)

View Item View Item