Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TINJAUAN FIQH MUAMALAH TERHADAP JUAL BELI KAIN SISA JAHITAN DI KECAMATAN PASIR LIMAU KAPAS KABUPATEN ROKAN HILIR

Muhammad Ridwan, - (2021) TINJAUAN FIQH MUAMALAH TERHADAP JUAL BELI KAIN SISA JAHITAN DI KECAMATAN PASIR LIMAU KAPAS KABUPATEN ROKAN HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Muhammad Ridwan (2021) : Tinjauan fiqh Muamalah Terhadap Jual Beli Kain Sisa Jahitan Di Kecamatan Pasir Limau Kapas Kabupaten Rokan Hilir. Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya jual beli kain sisa jahitan oleh pengusaha jahitan di Kecamatan Pasir Limau Kapas Kabupaten Rokan Hilir. Adapun yang menjadi latar belakang terjadinya jual beli sisa kain jahitan oleh penjahit adalah karna berlebihnya sisa kain jahitan tersebut sehingga penjahit memanfaatkan sisa jahitan untuk di jual kembali. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik jual beli kain sisa jahitan di Kecamatan Pasir Limau Kapas Kabupaten Rokan Hilir dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik jual beli kain sisa jahitan di Kecamatan Pasir Limau Kapas kabupaten Rokan Hilir dan Untuk mengetahui Tinjauan Fiqh Muamalah Terhadap Jual Beli kain Sisa Jahitan Di Kecamatan Pasir Limau Kapas Kabupaten Rokan Hilir. Penelitian ini adalah penelitian hukum Islam sosiologis. Populasi dari penelitian ini berjumlah 40 orang terdiri dari 13 orang pengusaha jahitan, 2 orang pengrajin souvenir dan 25 pemesan jahitan. Adapun sampel yang digunakan dengan teknis purposive sampling sebanyak 18 orang yang terdiri dari 8 orang pengusaha jahitan 2 di antaranya pengrajin souvenir dan 10 orang pemesan jahitan. Adapun penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) yang dilakukan di Kecamatan Pasir limau Kapas kabupaten Rokan Hilir. Untuk mendapatkan data yang valid di gunakan dalam primer dan sekunder, metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul maka dianalisis menggunakan metode kualitatif dengan metode berfikir menggunakan induktif. Berdasarkan analisis data ditinjau dari fiqh muamalah, praktik jual beli kain sisa jahitan yang dilakukan oleh penjahit dengan memanfaatkan kain sisa jahitan untuk di olah kembali dan di jual, di situlah penjahit akan melakukan transaksi penjualan hasil dari olahan kain sisa jahitan kepda pembeli. maka diperoleh kesimpulan bahwa jual beli kain sisa jahitan tidak melanggar syariah dan diperbolehkan (mubah). Hal ini karena, telah menjadi kebiasaan (urf) yang berlaku di masyarakat yang tidak bertentangan dengan hukum Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 10 Aug 2021 12:56
Last Modified: 10 Aug 2021 12:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53649

Actions (login required)

View Item View Item