Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KUALITAS SERTIFIKASI HALAL DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI ROTTE BAKERY PEKANBARU DALAM PRESPEKTIF EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus pada Rotte Bakery Cabang Rajawali)

BUSROL KARIM, - (2021) PENGARUH KUALITAS SERTIFIKASI HALAL DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI ROTTE BAKERY PEKANBARU DALAM PRESPEKTIF EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus pada Rotte Bakery Cabang Rajawali). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Busrol Karim (2021) : PENGARUH SERTIFIKASI HALAL DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI ROTTE BAKERY PEKANBARU DALAM PERSFEKTIF EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus pada Rotte Bakery Cabang Rajawali) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Sertifikasi Halal dan Kualitas Terhadap Minat Beli Konsumen Di Rotte Bakery Pekanbaru dimana Rotte Bakkery merupakan bidang usaha yang baru berdiri namun mampu bersaing dengan bidang usaha sama yang lainnya yang sudah dahulu berdiri. Hal ini di tandai dengan tersedianya outlet-outlet Rotte Bakery hampir di setiap kecamatan kota Pekanbaru. Adapun rumusan masalahnya yaitu : apakah sertifikasi halal berpengaruh terhadap minat beli konsumen pada Rotte bakery Pekanbaru cabang Rajawali, apakah kualitas produk berpengaruh terhadap minat beli konsumen pada Rotte bakery Pekanbaru cabang Rajawali?, Bagaimana perspektif ekonomi syariah terhadap pengaruh sertifikasi halal dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen. Subjek dalam penelitian ini adalah pelanggan atau konsumen dari ROTTE BAKERY dan object dalam penelitian ini yaitu, sertifikasi halal dan kualitas produk terhadapminat belikonsumen pada ROTTE BAKERY, karena jumlah populasi tidak dapat diketahui secara jelas, maka penentuan jumlah sample menggunakan metode Ferdinand yaitu, n = (5 x jumlah indikator yang digunakan)kemudian n = 5 x 17 indikator = 85 sample. Dan digenapkan menjadi 90 sample Penelitian ini dilaksanakan di ROTTE BAKERY Pekanbaru yang beralamat di jalan Rajawali. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 90 orang konsumen . Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan pembagian kuisioner kepada para pelanggan ROTTE BAKERY Pekanbaru. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder yang kemudian di analisa menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantatif. Adapun variabel dalam penelitian ini yaitu pengaruh sertifikasi halal (X1), kualitas produk (X2) terhadap minat beli konsumen (Y). Hasil penelitian ini didapatkan nilai t hitung sebesar 0,964 dan nilai t tabel adalah 2,634, dengan nilai signifikan 0,189>0,05. Maka dapat dikatakan ada pengaruh yang signifikan antara sertifikasi halal dengan minat beli konsumen di Rotte Bakery. Bahwa hipotesis 2 diterima, yang menyatakan “sertifikasi halal berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli konsumen di Rotte Bakery. Dari hasil perhitungan yang didapatkan nilai t hitung sebesar 1,323 dan nilai t tabel adalah 2,370, dengan nilai signifikan 0,338>0,05. Maka dapat dikatakan tidak ada pengaruh yang signifikan antara kualitas produk dengan minat beli konsumen di Rotte Bakery. Bahwa hipotesis 2 ditolak, yang menyatakan “kualitas produk tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli konsumen di Rotte Bakery. pelayanan jasa yang baik sangat di anjurkan dalam islam sebagaimana yang telah tersurat dalam kisah nabi Syu’aib a.s yang meminta nabi musa a.s untuk bekerja kepadanya, dan juga tersurat daam Al-qur’an surat Alqashash : 26, Islam mengajarkan bila ingin memberikan hasil usaha yang baik berupa barang maupun pelayanan/jasa hendaknya memberikan yang berkualitas, jangan memberikan yang buruk atau tidak berkualitas kepada orang lain sebagaimana firman Allah dalam Al-Qur’an dalam surat Ali-Imran : 159. Kata Kunci : Sertifikasi Halal, Kualitas Produk, dan Minat beli konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 10 Aug 2021 01:05
Last Modified: 10 Aug 2021 01:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53632

Actions (login required)

View Item View Item