Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

JUAL BELI AS-SALAM PADA PELAKU DISTRIBUTOR DENGAN AL-WAFA DITINJAU DARI FIQIH MUAMALAH (STUDI DI KECAMATAN KANDIS KABUPATEN SIAK)

Anri Ramadhan Harahap, - (2021) JUAL BELI AS-SALAM PADA PELAKU DISTRIBUTOR DENGAN AL-WAFA DITINJAU DARI FIQIH MUAMALAH (STUDI DI KECAMATAN KANDIS KABUPATEN SIAK). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (844kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI ANRI RAMADHAN.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Anri Ramadhan Harahap, 2021 : Jual Beli As-Salam Pada Pelaku Distributor Dengan Al-Wafa Di Tinjau Fiqih Muamalah (Di Kecamatan Kandis Kabupaten Siak). Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah sistem jual beli as-salam pada pelaku distributor dengan Al-Wafa di Kecamatan Kandis Kabupaten Siak, dan bagaimana tinjauan Fiqih Muamalah terhadap jual beli assalam pada pelaku distributor dengan Al-Wafa di Kecamatan Kandis Kabupaten Siak. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sistem jual beli as-salam pada pelaku distributor dengan Al-Wafa di Kecamatan Kandis Kabupaten Siak, dan mengetahui jual beli as-salam pada pelaku distributor dengan Al-Wafa di tinjau dari Fiqih Muamalah di Kecamatan Kandis Kabupaten Siak. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah field research (penelitian lapangan) dengan mengumpulkan data yang diperoleh dari distributor, agen, dan reseller di Kecamatan Kandis Kabupaten Siak.. Adapun populasi dalam penelitian ini berjumlah 14 orang diantaranya, distributor 1 orang, agen 2 orang dan reseller 11 orang. Oleh karena itu populasinya relatif sedikit, maka penulis menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan bahwa sistem jual beli as-salam pada pelaku distributor dengan Al-Wafa di Kecamatan Kandis adalah diamana distributor mengelist barang yang di pesan oleh agen dan reseller, dengan pembayaran langsung ke distributor. Dan distributor langsung melakukan transaksi salam ke supliyer dengan metode pembayaran melalui bank yaitu bank mandiri dan BSI (bank syariah Indonesia). Setelah melakukan pembayaran supliyer mengemas barang dan dikirim melalui JNE atau JNT. Pelaksanaan jual beli salam di Al-Wafa ini dilakukan melalui via online berupa whatshap, email dll. Distributor memesan langsung kepada suplier dengan menyebutkan spefikasi, ukuran, warna, jenis dan mutunya. Menurut Tinjauan Fiqih Muamalah terhadap jual beli jual beli as-salam pada pelaku distributor dengan Al-Wafa di Kecamatan Kandis Kabupaten Siak belum sepenuhnya sesuai dengan Fiqih Muamalah terutama pada proses jual beli salam, akad penyerahan barang dari segi waktu yang pada dasarnya tidak ada kejelasan, sehingga terjadinya keterlambatan. Produk-produk yang ada brand Al- Wafa ternyata sudah sesuai dengan gambar. Karena ada beberapa kriteria yang belum sepenuhnya sesuai dengan rukun maupun syarat yang harus ada dalam setiap proses jual beli menurut Fiqih Muamalah, maupun cara bertransaksi yang dibenarkan menurut Fiqih Muamalah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 07 Aug 2021 07:44
Last Modified: 07 Aug 2021 07:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53597

Actions (login required)

View Item View Item