Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

UPAYA KONSELOR DALAM MENYEMBUHKAN TRAUMA KORBAN PERANG SURIAH BAGI ANAK-ANAK PENGUNGSI DI SEKOLAH KITA CINTA SYRIA MALAYSIA

Muslim Sadiq, Muslim (2021) UPAYA KONSELOR DALAM MENYEMBUHKAN TRAUMA KORBAN PERANG SURIAH BAGI ANAK-ANAK PENGUNGSI DI SEKOLAH KITA CINTA SYRIA MALAYSIA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)

Abstract

Peperangan yang tak henti terjadi menyebabkan sebagian dari rakyat Suriah mengungsi meninggalkan tanah air mereka. Dampak dari perang Suriah meninggalkan banyak kesan negatif kepada anak-anak Suriah, diantaranya adalah trauma. Hal itu dapat dilihat pada sebagian kecil anak-anak Suriah yang bersekolah di Sekolah Kita Cinta Syria Malaysia, yaitu sekolah khusus untuk anak anak pengungsi Suriah yang mengungsi ke Malaysia. Sekolah Kita didirikan Non- Governmental Organisation (NGO) Cinta Syria Malaysia. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana upaya konselor yang dapat dilakukan dalam menyembuhkan trauma yang dialami anak-anak pengungsi yang menjadi korban peperangan Suriah di Sekolah Kita Cinta Syria Malaysia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Adapun informan dalam penelitian ini adalah seorang konselor di Sekolah Kita Cinta Syria Malaysia. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa upaya yang dilakukan konselor dalam menyembuhkan trauma pada anak korban perang Suriah di Sekolah Kita Cinta Syria Malaysia sebagai berikut: (1) Sequentially Planned Integrative Counseling for Children (SPICC) yang digunakan untuk membantu korban mengubah pandangan dan mengembangkan perspektif mengenai dirinya sendiri sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diri yang didasarkan pada konsep penceritaan; (2) Play Therapy. Play therapy diterapkan apabila adanya masalah komunikasi yang sangat terlihat dengan anak-anak, yang disebabkan karena jauhnya jarak umur dengan konselor. Dalam melaksanakan play therapy, fokus terpenting yang ingin dicapai adalah terjadinya perubahan atas perilaku anak melalui media bermain, dan upaya terakhir dilakukan adalah dengan dukungan sosial, dukungan sosial yang tinggi dapat membantu individu dalam penyesuaian diri yang baik setelah mengalami sesebuah peristiwa traumatik. Semakin tinggi dukungan sosial yang didapatkan, semakin tercukupi dukungan secara instrumental, informatif dan emosional korban trauma. Secara tidak lansung dukungan sosial menjadi sebuah pendekatan dalam meminimalisir dampak dari pengaruh trauma terhadap korban.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konseling, Trauma, Pengungsi, Sekolah Kita Cinta Syria Malaysia
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 07 Aug 2021 07:25
Last Modified: 07 Aug 2021 07:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53571

Actions (login required)

View Item View Item