Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERSEPSI MASYARAKAT MUSLIM DESA TANDUN TERHADAP ZAKAT PERKEBUNAN KELAPA SAWIT

M Wahyu Hidayat, Wahyu (2021) PERSEPSI MASYARAKAT MUSLIM DESA TANDUN TERHADAP ZAKAT PERKEBUNAN KELAPA SAWIT. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (399kB)

Abstract

Dalam al-Qur’an disebutkan adanya zakat pertanian atau perkebunan. Hal ini terdapat pada surat al-Baqarah ayat 267, tentunya bagi setiap muslim yang memiliki harta yang berlebihan harus mengeluarkan zakatnya. Tanaman kelapa sawit termasuk jenis usaha yang mempunyai nilai ekonomis cukup tinggi, sehingga hasilnya bisa dikeluarkan zakat. Namun dalam kenyataannya masyarakat petani sawit atau pemilik lahan sawit di Desa Tandun kurang mengetahui dan memahami tentang kewajiban zakat perkebunan kelapa sawit. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan persepsi masyarakat muslim desa tandun terhadap zakat perkebunan kelapa sawit. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan ada tiga yaitu: reduksi data, display data, penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil pra riset menunjukkan bahwa, pada umumnya masyarakat petani sawit atau pemilik lahan di Desa Tandun kurang mengetahui tentang kewajiban menunaikan zakat hasil tanaman kelapa sawit, respon masyarakat petani sawit tentang zakat perkebunan kelapa sawit sangat rendah, dan penerapan terhadap zakat perkebunan juga masih sangat rendah, hanya sedikit masyarakat petani sawit yang mengetahui dan mengeluarkan zakat hasil perkebunan kelapa sawit namun dalam pemahaman berbeda dalam konteks aturan amil zakat dan masyarakat petani sawit menggangap kewajiban zakatnya sudah terpenuhi berdasarkan bukan zakat perkebunan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Masyarakat, Zakat Perkebunan Kelapa Sawit
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.7 Perkembangan Islam > 297.74 Dakwah Islam, Penyebaran Islam
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 07 Aug 2021 08:27
Last Modified: 07 Aug 2021 08:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53570

Actions (login required)

View Item View Item