Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Perancangan Ulang Alat Tungku Bahan Bakar Kayu yang Ramah Lingkungan dan Ekonomis Menggunakan Metode TRIZ (Theory of Inventive Problem Solving)

M FIQRON EL AMAR, - (2021) Perancangan Ulang Alat Tungku Bahan Bakar Kayu yang Ramah Lingkungan dan Ekonomis Menggunakan Metode TRIZ (Theory of Inventive Problem Solving). Skripsi thesis, Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
IV-V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (921kB)
[img]
Preview
Text
fix.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kelurahan lipatkain merupakan salah satu daerah dimana penggunaan bahan bakar kayu untuk memasak masih terbilang cukup banyak. Masyarakat beranggapan bahwa penggunaan gas LPG tidak aman, dan juga gas LPG 3kg cukup sulit didapatkan serta harga yang tidak terjangkau oleh masyarakat.Oleh karna itu, perlunya inovasi supaya dapat memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya ibu rumahtangga, salah satunya dengan cara inovasi pengembangan produk. TRIZ (Theory of Inventive Problem Solving) merupakan metode pemecahan masalah yang berfokus pada produk yang ada saat ini dengan menggunakan tabel kontradiksi untuk merancang desain baru. Berdasarkan pendekatan langsung dilapangan masyarakat sering mengeluhkan dengan banyaknya asap dari proses pembakaran yang mengganggu perkerja serta serta alat yang tidak bisa dipindahtempatkan. Oleh karna itu dilakukan perancangan ulang tungku bahan bakar kayu yang nyaman supaya konsumen tidak terganggu dari asap pembakaran. Metode pengambilan data adalah dengan melakukan wawancara kepada ibu rumah tangga yang menggunakan tungku bahan bakar kayu serta responden yang ahli dalam bidangnya. Sehingga menghasilkan solusi dari Inventive Principle yaitu spheroidality-curvature memberikan solusi perancangan tungku, Porous materials memberikan solusi agar membuat objek berpori seperti air flow, Segmentation memberikan solusi agar objek filter mudah di bongkar pasang, Anti-weight memberikan solusi agar panggangan mudah untuk dipindahkan, dan cheap short-living objects memberikan solusi agar menggantikan bahan yang mahal dengan bahan yang murah namun kualitas bahan tetap sama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 10 Aug 2021 06:23
Last Modified: 10 Aug 2021 06:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53567

Actions (login required)

View Item View Item