Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN KELAS VII SMPN 1 TANAH PUTIH TANJUNG MELAWAN

Siti Nurhaliza, - (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN KELAS VII SMPN 1 TANAH PUTIH TANJUNG MELAWAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (Gabung Kecuali BAB 4)
sKRIPSI.pdf - Published Version

Download (24MB) | Preview
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (961kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPA di SMP Negeri 1 Tanah Putih Tanjung Melawan yang selama ini masih didominasi oleh metode diskusi dan tanya jawab dan hal ini berimplikasi pada rendahnya nilai siswa pada materi organisasi kehidupan dan kemampuan berkritis siswa. Oleh karena itu diperlukan upaya untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa melalui preses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaraan kooperatif tipe Team Asisted Individualization (TAI) pada materi organisasi kehiduapan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode quasi experimental design dengan desain “The Nonequivalent Control Design” dengan pemilihan sampel secara “Purposive Sampling”. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.1 sebagai kelas kontrol dan kelas VII.2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen tes berupa soal dan angket yang didukung oleh lembar observasi serta dokumentasi. Berdasarkan hasil olah data diketahui nilai sig. 0.003 < 0.05 yang bermakna bahwa ada perbedaan signifikan antara nilai kelas kontrol dan eksperimen. Hal ini menunjukkan Ha diterima dan H0 ditolak sehingga disimpulkan adanya “Pengaruh Model pembelajaran kooperatif tipe Team Asisted Individualization (TAI) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP Negeri 1 Tanah Putih Tanjung Melawan pada materi organisasi kehidupan”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 07 Aug 2021 15:05
Last Modified: 07 Aug 2021 15:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53557

Actions (login required)

View Item View Item