Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pelaksanaan Akad Pengiriman Barang dan Resikonya di Perusahaan Jasa Pengiriman Barang Tiki Cabang Bangkinang Kota

ANGGER ALFATHRIA YASMIN, - (2021) Pelaksanaan Akad Pengiriman Barang dan Resikonya di Perusahaan Jasa Pengiriman Barang Tiki Cabang Bangkinang Kota. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP TANPA BAB IV WATERMARK.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV WATERMARK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (777kB)

Abstract

Angger Alfathria Yasmin (2021):Pelaksanaan Akad Pengiriman Barang dan Resikonya di Perusahaan Jasa Pengiriman Barang Tiki Cabang Bangkinang Kota Penelitian skripsi ini membahas tentang Pelaksanaan Akad Pengiriman Barang dan Resikonya di Perusahaan Jasa pengiriman Barang Tiki Cabang Bangkinang Kota. Pelaksanaan pengiriman barang merupakan salah satu kegiatan bermuamalah yang termasuk pada akad ijarah, namun pada praktik pelaksanaannya beberapa transaksi belum sesuai dengan akad yang disepakati di awal. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan akad pengiriman barang di perusahaan jasa pengiriman barang Tiki cabang Bangkinang Kota dan bagaimana tinjauan Fiqh Muamalah terhadap pelaksanaan akad pengiriman barang di perusahaan jasa pengiriman barang Tiki cabang Bangkinang Kota. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bertujuan untuk mengetahui secara mendalam latar belakang keadaan yang terjadi dan interaksi antara pihak penyedia jasa dan konsumen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 43 orang yang teridiri dari 3 orang pihak penyedia jasa, yaitu pemilik dan 2 karyawan dan 40 orang konsumen harian, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sumber data primer dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi dan wawancara, sedangkan data sekunder diperoleh dari berbagai literatur kepustakaan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini bersifat analisis deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan untuk menggambarkan atau mengungkapkan fakta yang apa adanya sesuai dengan kenyataan yang diamati, yang berkaitan dengan masalah yang dibahas sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan akad pengiriman barang dan resikonya di perusahaan jasa pengiriman barang Tiki cabang Bangkinang Kota ada beberapa transaksi antara penyedia jasa dan konsumen masih megalami hal yang tidak berkesesuaian pada perjanjian awal yang telah disepakati, seperti kiriman barang yang tercecer atau hilang, dan keterlambatan pengiriman. Pelaksanaan akad pengiriman barang dan resikonya di perusahaan jasa pengiriman barang Tiki cabang Bangkinang Kota masih belum sesuai dengan konsep Fiqh Muamalah karena ada salah satu syarat ijarah yang belum terpenuhi. Kata Kunci: Akad, Ijarah, Pengiriman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 08 Aug 2021 13:04
Last Modified: 08 Aug 2021 13:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53554

Actions (login required)

View Item View Item