Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DAN UPAYA MENANGANINYA PADA SISWA KELAS III A SD NEGERI 011 RAMBAH KECAMATAN RAMBAH KABUPATEN ROKAN HULU

KHUSNUL FATIMAH, - (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DAN UPAYA MENANGANINYA PADA SISWA KELAS III A SD NEGERI 011 RAMBAH KECAMATAN RAMBAH KABUPATEN ROKAN HULU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (553kB)

Abstract

ABSTRAK KHUSNUL FATIMAH (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DAN UPAYA MENANGANINYA PADA SISWA KELAS III A SD NEGERI 011 RAMBAH KECAMATAN RAMBAH KABUPATEN ROKAN HULU Matematika merupakan salah satu sarana yang bisa digunakan untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga matematika perlu dikuasai dengan baik. Namun sebagian siswa menganggap bahwa matematika adalah mata pelajaran yang sulit, khususnya siswa kelas III SD Negeri 011 Rambah Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu. Persepsi bahwa matematika dianggap pelajaran yang sulit diperkuat dengan adanya hasil belajar matematika yang masih rendah. Permasalahan yang di bahas dalam penelitian ini adalah 1) apa saja kesulitan yang dialami siswa dalam pembelajaran matematika, 2) bagaimana upaya yang dapat di lakukan untuk mengatasi kesulitan belajar matematika?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesulitan yang dialami siswa dalam belajar matematika, faktor penyebab kesulitan yang dialami siswa dan bagaimana upaya dalam mengatasi kesulitan yang dialami siswa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subjek sebanyak 23 orang siswa. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan hasil penelitian ini yaitu jenis kesulitan belajar yang di alami siswa adalah cara mengajar guru yang monoton dan tidak bervariasi membuat siswa ngantuk dan bosan, suasana pembelajaran yang tidak kondusif, tidak lancar dalam calistung (baca, tulis dan hitung) dan malu bertanya. Faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa terdiri dari faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi kemampuan intelektual siswa, sikap siswa dalam belajar, minat dan motivasi belajar siswa, serta kemampuan mengingat siswa. Sedangkan faktor eksternal yaitu guru, sarana dan prasarana di sekolah dan lingkungan keluarga. Disarankan kepada guru agar hendaknya bisa memberikan metode pembelajaran yang lebih bervariasi dan juga menggunakan media pembelajaran sehingga dapat meningkatkan motivasi dan menumbuhkan sikap positif siswa dalam belajar. Bagi siswa hendaknya lebih memperhatikan dan selalu bersikap positif pada pembelajaran matematika. Dan kepada orangtua hendaknya memperhatikan perkembangan belajar siswa dan menjalin kerjasama yang baik dengan guru. Kata kunci : kesulitan Belajar, Matematika, Sekolah Dasar, Teori Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 08 Aug 2021 14:38
Last Modified: 08 Aug 2021 14:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53550

Actions (login required)

View Item View Item