Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IBADAH DAN IMPLIKASINYA PADA ETOS KERJA (Studi Tafsir Fiy Zhilal al-Qur'an)

NURFADILAH, - (2021) IBADAH DAN IMPLIKASINYA PADA ETOS KERJA (Studi Tafsir Fiy Zhilal al-Qur'an). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Ibadah Dan Implikasinya Pada Etos Kerja Dalam Perspektif Al-qur’an (Studi Tafsir Fiy Zhilal Al-qur’an).” Dalam al-qur‟an telah ditegaskan bahwa tujuan utama penciptaan manusia adalah untuk beribadah. Menurut Sayyid Qutbh dalam Tafsir Fiy Zhilal al-qur‟an, bahwa ibadah merupakan al-wadhifah al-ilahiyah, tugas yang diembankan Allah kepada manusia. Jadi, manusia yang menjalankan ibadah, maka ia telah memfungsikan hakikat penciptaannya. Sebaliknya, manusia yang melalaikan ibadah, berarti ia telah mendisfungsikan hakikat penciptaannya. Berdasarkan latar belakang masalah diatas penulis merumuskan beberapa masalah diantaranya: Bagaimana minsdet dan motivasi beramal ibadah pribadi muslim menurut Sayyid Qutbh dalam Tafsir Fiy Zhilal al-qur‟an dan bagaimana implikasi mindset dan motivasi beramal ibadah terhadap etos kerja pribadi Muslim menurut Sayyid Qutbh dalam Tafsir Fiy Zhilal al-qur‟an. Untuk mengetahui mindset dan motivasi beramal ibadah pribadi muslim dan implikasi mindset dan motivasi beramal ibadah terhadap etos kerja pribadi muslim. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan penelitian pustaka (Library research), menggunakan metode kualitatif, metode tafsir yang digunakan metode maudhu‟i. Adapun hasil penelitian yang penulis lakukan, terdapat beberapa kesimpulan diantaranya : menurut Sayyid Qutbh dalam Tafsir Fiy Zhilal al-qur‟an, ada lima macam tingkatan mindset dan motivasi setiap individu muslim dalam beribadah (1) ibadah al-mukhorin yaitu ibadah dengan keterpaksaan (2) ibadah al-ummal yaitu ibadah ada maksud tertentu, seperti upah atau balasan dunia (3) ibadah al-tujjar yaitu ibadah para pedagang yang selalu berpikir untung dan rugi (4) ibadah al-muthi‟in yaitu ibadah lebih bagus dari tiga tingkat sebelumnya (5) ibadah al-mutaladzidzin yaitu ibadah karena wujud rasa syukur dan kecintaanya pada Allah. Ibadah yang dilakukan setiap harinya akan berpengaruh terhadap perilakunya dalam bekerja atau etos kerjanya sebagai buah dari amal yang dilakukannya. Implikasi terhadap etos kerja pribadinya akan terlihat pada nilai-nilai memiliki visi dan misi yang jelas dan terarah, terhindar dari perbuatan keji dan munkar, disiplin, fokusing, dan kepedulian sosial. Kata Kunci : Ibadah, Implikasi dan Etos Kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 07 Aug 2021 14:34
Last Modified: 07 Aug 2021 14:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53546

Actions (login required)

View Item View Item