Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

LITERATURE REVIEW SISTEMATIS TENTANG EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BAHAN AJAR BERBASIS MULTIREPRESENTASI PADA PEMBELAJARAN IPA DI SMP

Sulystia Angelina, - (2021) LITERATURE REVIEW SISTEMATIS TENTANG EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BAHAN AJAR BERBASIS MULTIREPRESENTASI PADA PEMBELAJARAN IPA DI SMP. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (Gabungan kecuali bab 4)
SKRIPSI Sulystia Angelina 3.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kurangnya kemampuan siswa dalam multirepresentasi pada pembelajaran IPA di SMP serta kurangnya kemampuan guru dalam menyediakan bahan ajar pendukung sesuai karakteristik siswa yang mengalami kesulitan dalam multirepresentasi, menyebabkan proses pembelajaran tidak dapat mencapai hasil yang diinginkan sehingga berpengaruh terhadap rendahnya hasil belajar serta kemampuan kognitif siswa. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis bahan ajar berbasis multirepresentasi pada pembelajaran IPA di SMP dan efektivitas penggunaan bahan ajar berbasis multirepresentasi yang digunakan dalam pembelajaran IPA di SMP. Metode yang digunakan ialah tinjauan pustaka sistematis (Systematic Literature Review) dengan menggunakan diagram PRISMA. Database yang digunakan untuk mencari literatur menggunakan dua digital library yaitu Google Cendekia dan Garuda. Agar literatur yang dipilih relevan, pencarian menggunakan kata kunci “bahan ajar, multirepresentasi”. Selanjutnya melakukan penyaringan untuk mendapatkan publikasi artikel ilmiah sejak tahun 2016 hingga 2021 yang membahas penggunaan bahan ajar berbasis multirepresentasi pada pembelajaran IPA di SMP. Hasil pencarian artikel ilmiah terdapat 10 artikel yang akan dianalisis dan disintesis. Teknik analisis yang digunakan adalah metode naratif dengan mengelompokan data yang telah diekstraksi. Hasil penelitian ini terdapat jenis bahan ajar berbasis multirepresentasi yang digunakan dalam pembelajaran IPA adalah bahan ajar cetak maupun non cetak. bahan ajar cetak berupa modul, buku, dan lks sedangkan bahan ajar non cetak berupa multimedia interaktif. Penggunaan bahan ajar berbasis multirepresentasi terbukti efektif digunakan dalam proses pembelajaran IPA di SMP.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 07 Aug 2021 14:56
Last Modified: 07 Aug 2021 14:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53545

Actions (login required)

View Item View Item