Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TINJAUAN FIQIH MUAMALAH TERHADAP HUKUM JUAL BELI POTONGAN RAMBUT DAN PERSEPSI PELANGGAN SALON SARDI MENGENAI JUAL BELI POTONGAN RAMBUT (Studi Di Aek Nabara Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu Sumatera Utara)

TRIA WARDANI, - (2021) TINJAUAN FIQIH MUAMALAH TERHADAP HUKUM JUAL BELI POTONGAN RAMBUT DAN PERSEPSI PELANGGAN SALON SARDI MENGENAI JUAL BELI POTONGAN RAMBUT (Studi Di Aek Nabara Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu Sumatera Utara). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (536kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TRIA WARDANI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tria Wardani, 2021: Tinjauan Fiqih Muamalah Terhadap Hukum Jual Beli Potongan Rambut Dan Persepsi Pelanggan Salon Sardi Mengenai Jual Beli Potongan Rambut (Studi Di Aek Nabara Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu Sumatera Utara). Judul Penelitian ini penulis angkat karena persepsi pelanggan salon Sardi mengenai praktik jual beli potongan rambut yang masih sangat awam mengenai boleh tidaknya dalam hal jual beli potongan rambut ini. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Pelaksanaan Jual Beli Potongan Rambut Disalon Sardi Aek Nabara Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu Sumatera Utara, Bagaimana Persepsi pelanggan Salon Sardi Terhadap Jual Beli Potongan Rambut di Aek Nabara Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu Sumatera Utara dan Bagaimana Tinjauan Fikih Muamalah Terhadap Persepsi Pelanggan Salon Sardi Mengenai Jual Beli Potongan Rambut Di Aek Nabara Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu Sumatera Utara. Dalam penelitian ini metode yang dipakai adalah metode kualitatif (field research) yang bertujuan untuk mengetahui secara mendalam latar belakang keadaan yang terjadi dan interaksi antara unit-unit sosial yang bersifat apa adanya, individu, kelompok, serta para pelanggan salon Sardi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 103 orang yang terdiri dari 1 orang pemilik salon, 2 orang pegawai dan 100 orang pelanggan muslim salon Sardi. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive Sampling yang mana dari 103 orang populasi di ambil menjadi 53 orang yang terdiri dari 1 orang pemilik salon, 2 orang pegawai serta 50 pelanggan muslim. Sumber data primer dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, angket, dan wawancara, sedangkan data sekunder diperoleh dari berbagai literatur kepustakaan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yang penulis tulis adalah dalam pelaksanaan jual beli rambut ini jika ditinjau berdasarkan objek akadnya menjadi batal atau tidak sah dikarenakan syarat dan rukun jual beli rambut tersebut tidak terpenuhi. Mengenai perspesi pelanggan salon Sardi ternyata dalam hal jual beli potongan rambut ini masih banyak yang tidak mengetahui padahal dirinya seorang muslim dikarenakan kurangnya pengetahuan pelanggan tentang sah tidaknya jual beli ini dalam Islam. Mengenai Tinjauan Fiqih Muamalah tentang Jual beli Potongan rambut ini yaitu transaksi jual beli tersebut dilarang karna menjual bagian tubuh manusia yang jelas-jelas dilarang dalam Islam serta tidak ada manfaatnya. Kata Kunci: Jual Beli, Potongan Rambut, Pelanggan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 07 Aug 2021 13:40
Last Modified: 07 Aug 2021 13:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53541

Actions (login required)

View Item View Item