Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

NILAI-NILAI SOSIAL KEAGAMAAN DALAM TURUNNYA AYAT-AYAT AL-QUR’AN GAGASAN UMAR BIN KHATTAB (Studi Analisis Korelasi Tafsir Buya Hamka dan Wahbah Zuhaili)

KHAIRUL AZHARI, - (2021) NILAI-NILAI SOSIAL KEAGAMAAN DALAM TURUNNYA AYAT-AYAT AL-QUR’AN GAGASAN UMAR BIN KHATTAB (Studi Analisis Korelasi Tafsir Buya Hamka dan Wahbah Zuhaili). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (712kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI KHAIRUL AZHARI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang nilai-nilai sosial keagamaan yang terkandung dalam ayat al-Qur’an yang penurunan ayat tersebut adalah karena gagasan dan ide Umar bin Khattab yaitu surah al-Baqarah ayat 125, al-Ahzab ayat 53 dan al-Tahrim ayat 5, ketiga ayat ini merupakan permintaan Umar bin Khattab kepada Rasulullah Saw yang dikabulkan oleh Allah Swt dengan menurunkan ayat al-Qur’an secara langsung. Untuk mengetahui nilai-nilai sosial keagamaan yang terkandung dalam ayat-ayat ini, maka penulis menganalisa pendapat dua orang mufassir, yaitu Buya Hamka dalam kitabnya Tafsir al-Azhar dan Syekh Wahbah Zuhaili dalam kitabnya Tafsir al-Munir. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran Umar bin Khattab dalam turunnya ayat al-Qur’an, bagaimana penafsiran Mufassir tentang surah al-Baqarah ayat 125, al-Ahzab ayat 53 dan al-Tahrim ayat 5, dan apa saja nilai-nilai sosial keagamaan yang dapat kita ambil dari surah al-Baqarah ayat 125, al-Ahzab ayat 53 dan al-Tahrim ayat 5 tersebut. Penelitian ini bersifat perpustakaan (library research) dan metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis (tahlili) dengan pendekatan kualitatif. Pada hasil akhir penelitian ini dapat kita ketahui tentang peranan Umar bin Khattab dalam turunnya ayat al-Qur’an, bagaimana pendapat dan tafsiran Buya Hamka dan Syekh Wahbah Zuhaili tentang ketiga ayat ini, serta dapat kita ketahui pula nilai-nilai sosial keagamaan dalam ketiga ayat tersebut sehingga dapat kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu: pertama dalam surah al-Baqarah ayat 125 dapat kita ambil adalah tentang ukhuwah islamiyah serta fastabiqul khairat, kedua dalam surah al-Ahzab ayat 53 dapat kita ambil adalah bagaimana adab ketika bertamu dan adab kita ketika berinteraksi dengan isteri shahibul bait, dan ketiga dalam surah al-Tahrim ayat 5 yaitu tentang adab kita dalam berumah tangga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 06 Aug 2021 14:40
Last Modified: 06 Aug 2021 14:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53441

Actions (login required)

View Item View Item