Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pelaksanaan Pengembangan Usaha Mikro Mustahik Melalui Program Riau Makmur di UPZ IMRA Kecamatan Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan

Fitri Yani, - (2021) Pelaksanaan Pengembangan Usaha Mikro Mustahik Melalui Program Riau Makmur di UPZ IMRA Kecamatan Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (843kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FITRI YANI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pengembangan usaha mikro mustahik melalui Program Riau Makmur dilatarbelakangi persoalan terkait pengembangan usaha mikro mustahik yang kurang memberikan hasil yang maksimal dalam perbaikan usahanya serta terdapat mustahik yang memperoleh bantuan usaha tersebut digunakan untuk kepentingan pribadi dengan rumusan masalah bagaimana proses pelaksanaan pengembangan usaha mikro mustahik yang dilakukan oleh UPZ IMRA yakni melalui beberapa tahapan yaitu melakukan studi kelayakan, penetapan jenis usaha produktif, bimbingan dan penyuluhan, melakukan pemantauan, pengendalian dan pengawasan, mengadakan evaluasi dan membuat pelaporan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, informan berjumlah 9 (sembilan) orang. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi dengan teknik analisa data yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, untuk mengukur keabsahan data dilakukan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan yang dilakukan UPZ IMRA sudah sesuai dengan prosedur pelaksanaan yang telah ditetapkan namun belum maksimal dikarenakan kurangnya keterbukaan antara mustahik dan pihak UPZ IMRA dalam proses pelaksanaan ini serta minimnya kegiatan pemantauan, pengendalian, dan pengawasan yang dilakukan sehingga kemajuan perbaikan usaha mustahik sampai saat ini masih relatif kecil. Meskipun begitu, mustahik sudah merasa terbantu dengan tercukupinya kebutuhan dasarnya serta dengan pemberian modal usaha berupa barang yang dapat terus digunakan secara berkelanjutan sesuai dengan konsep pemberdayaan yang diharapkan. Kata Kunci: Pelaksanaan, Pengembangan Usaha Mikro, Unit Pengumpul Zakat (UPZ)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 06 Aug 2021 14:13
Last Modified: 06 Aug 2021 14:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53440

Actions (login required)

View Item View Item