Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH DOSIS KOMPOS DAUN KETAPANG TERHADAP PERUBAHAN HARA MAKRO GAMBUT DANPERTUMBUHAN TANAMAN SELADA (Lactuca sativa L.)

Delima Putri, - (2021) PENGARUH DOSIS KOMPOS DAUN KETAPANG TERHADAP PERUBAHAN HARA MAKRO GAMBUT DANPERTUMBUHAN TANAMAN SELADA (Lactuca sativa L.). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (723kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pengomposan dari sampah daun ketapang merupakan salah satu alternatif yang ramah lingkungan dan menghasilkan produk akhir yang bermanfaat bagi kesuburan tanah gambut dan pertumbuhan tanaman selada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dosis terbaik kompos daun ketapang terhadap perubahan hara makro tanah gambut dan pertumbuhan tanaman selada. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan April sampai Juni 2020 di Lahan Penelitian serta Laboratorium Patologi Entomologi Mikrobiologi dan Ilmu Tanah, Fakultas Pertanian dan Pertenakan, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau dan Balai Penelitian Teknologi Pertanian Riau. Metode penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yaitu kompos daun ketapang yang terdiri dari 4 perlakuan yakni, 0, 6.5, 13 dan 19.5, ton/ha. Parameter pengamatan ialah tinggi tanaman, panjang daun, lebar daun, jumlah daun dan berat basah tanaman. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian kompos daun ketapang mampu meningkatkan ketersediaan unsur hara makro yaitu: N, P, dan K di tanah gambut serta pemberian kompos daun ketapang dengan dosis yang berbeda dapat meningkatkan tinggi tanaman, panjang daun, jumlah daun, lebar daun dan berat basah tanaman selada. Dosis kompos daun ketapang yang terbaik bagi pertumbuhan tanaman selada ialah 6,5 ton/ha. Kata kunci: Kompos daun ketapang, Gambut, Tanaman selada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 06 Aug 2021 14:02
Last Modified: 06 Aug 2021 14:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53424

Actions (login required)

View Item View Item