Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TINJAUAN FIQIH MUAMALAH TERHADAP PENERAPAN KONSEP KHIYAR PADA JUAL BELI MOBIL BEKAS DI SHOWROOM MOBIL AZIZAH JL.SOEKARNO HATTA KECAMATAN MARPOYAN DAMAI KOTA PEKANBARU

Anzu Elfani, - (2021) TINJAUAN FIQIH MUAMALAH TERHADAP PENERAPAN KONSEP KHIYAR PADA JUAL BELI MOBIL BEKAS DI SHOWROOM MOBIL AZIZAH JL.SOEKARNO HATTA KECAMATAN MARPOYAN DAMAI KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (614kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI ANZU ELFANI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Anzu Elfani (2021):“Tinjauan Fiqih Muamalah Terhadap Penerapan Konsep Khiyar Pada Jual Beli Mobil Bekas Di Showroom Azizah Jl.Soekarno Hatta Kec.Marpoyan Damai Kota Pekanbaru” Hak khiyar disyariatkan untuk menjamin kebenaran, keadilan dan kemaslahatan bagi masing-masing pihak yang sedang melaksanakan transaksi jual beli. Khiyar merupakan hak memilih atau menentukan pilihan antara dua hal bagi penjual dan pembeli. Khiyar jual beli, dapat ditemukan pada jual beli mobil bekas di showroom kota Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme khiyar jual beli mobil bekas yang ditinjau dari fiqih muamalah dalam menghadapi dinamika transaksi jual beli pada saat ini. Dalam penelitian ini saampel yang digunakan ialah purposive sampling. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini dengan cara wawancara terstruktur yang dilakukan untuk penjual mobil dan karyawannya dengan berbagai pertanyaan untuk dijawab secara lisan sebagai klarifikasi pelaksanaan khiyar jual beli mobil bekas dan beberapa persoalan yang mengarah kepada persoalan ini. Dalam penelitian ini, data dikumpulkan melalui wawancara terstruktur sebagai data-data dilapangan dan juga melakukan studi kepustakaan untuk kajian studi muamalah dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Adapun data primer merujuk pada buku fiqih muamalah dan fiqih sunnah. Data-data tersebut dianalisa secara deskriptif kualitatif dan disimpulkan secara deduktif. Dari hasil penelitian ini, mekanisme khiyar jual beli yang dilakukan oleh Showroom Azizah menggunakan system pembayaran secara kredit. Para konsumen yang ingin bertansaksi datang langsung ke Showroom, karena showroom tersebut tidak menyebarkan promosi baik melalui brosur ataupun media lainnya, sehingga para konsumen yang ingin bertransaksi bisa memilih dan melihat langsung keadaan mobil yangingin dibeli. Tinjauan fiqih muamalah terhadap mekanisme khiyar jual beli mobil bekas yang dilakukan oleh showroom Azizah termasuk dalam kategori khiyar majlis, aib dan khiyar ru’yah. Showroom Azizah ini telah sesuai dengan fiqih mua’malah yang berlaku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 06 Aug 2021 14:35
Last Modified: 06 Aug 2021 14:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53412

Actions (login required)

View Item View Item