Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN PEMBAKARAN BENDERA TAUHID OLEH GP ANSOR DI GARUT PADA MEDIA REPUBLIKA.CO.ID DAN KOMPAS.COM (PERIODE OKTOBER 2018)

Septian Hakim, Septian (2021) ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN PEMBAKARAN BENDERA TAUHID OLEH GP ANSOR DI GARUT PADA MEDIA REPUBLIKA.CO.ID DAN KOMPAS.COM (PERIODE OKTOBER 2018). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pemberitaan pembakaran bendera tauhid oleh GP Ansor di Garut pada media Republika.co.id dan Kompas.com (Periode Oktober 2018) memiliki perbedaan dalam memilih sudut pandang. Hal tersebut dipengaruhi oleh berbagai kepentingan yang terdapat dibelakangnya. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana analisis framing pemberitaan pembakaran bendera tauhid oleh GP Ansor di Garut pada media Republika.co.id dan Kompas.com yang ditampilkan pada tanggal 22-31 Oktober 2018. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis framing model Zhongdang Pan & Gerald. M Kosicky dengan meneliti struktur sintaksis, skrip, tematik, dan retoris pada berita. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa berita yang disajikan oleh Republika.co.id terlihat cenderung berpihak ke Pemerintah dan juga cenderung membela ormas GP Ansor dalam mengkonstruksi sebuah berita. Hal ini dapat diketahui adanya pengaruh kepentingan dari pemilik media Republika.co.id yakni Agoosh Yoosran yang juga memiliki hubungan kerabat dengan pimpinan pusat GP Ansor yakni Yaqut Cholil Qoumas. Sedangkan berita yang disajikan oleh Kompas.com terlihat cenderung berpihak ke Pemerintah dan dalam mengkonstruksi berita pada ormas GP Ansor cenderung netral yakni menggunakan pilihan kata di bagian headline dan lead yang mengajak untuk berdamai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis framing, Konstruksi Sosial, Pembakaran Bendera Tauhid
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 06 Aug 2021 06:54
Last Modified: 06 Aug 2021 06:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53396

Actions (login required)

View Item View Item