Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN ETIKA BISNIS PADA PEDAGANG PASAR SELASA KECAMATAN MUNGKA KABUPATEN LIMA PULUH KOTA DITINJAU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

FU’ANNI AMINI, - (2021) PENERAPAN ETIKA BISNIS PADA PEDAGANG PASAR SELASA KECAMATAN MUNGKA KABUPATEN LIMA PULUH KOTA DITINJAU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Fu’anniAmini, (2021) : Penerapan Etika Bisnis pada Pedagang Pasar Selasa Kecamatan Mungka Kabupaten Lima Puluh Kota Ditinjau Menurut Perspektif Ekonomi Syariah. Manusia sebagai makhluk sosial tidak bisa lepas dari bermu’amalah antara satu dengan yang lainnya. Mu’amalah sesama manusia senantiasa mengalami perkembangan dan perubahan sesuai kemajuan dalam kehidupan manusia . Islam memang menghalalkan usaha perdagangan, perniagaan atau jual beli, namun tentu saja untuk orang yang menjalankan usaha perdagangan secara Islam, menggunakan tata cara khusus, ada aturan yang mengatur bagaimana seharusnya seorang Muslim berusaha di bidang perdagangan agar mendapatkan berkah dan ridha Allah swt di dunia dan akhirat. Tata cara dalam melaksanakan etika yang benar, akan terjadi keseimbangan hubungan antara pedagang dan pembeli. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan etika bisnis pada pedagang pasar Selasa Kecamatan Mungka Kabupaten Lima Puluh Kota dan bagaimana tinjauan ekonomi syariah dalam penerapan etika bisnis pada pedagang pasar Selasa Kecamatan Mungka Kabupaten Lima Puluh Kota. Penelitian ini bersifat lapangan yang dilakukan di pasar Selasa Mungka. Populasi dalam penelitian ini adalah para pedagang yang ada di pasar Selasa Mungka yang berjumlah 150 pedagang. Sebagai sampel penulis mengambil 40% dari jumlah populasi yaitu sebanyak 60 orang dengan menggunakan teknik random sampling. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik observasi, wawancara, angket dan studi pustaka. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan pedagang di pasar Selasa Mungka sebagian besar belum melaksanakan etika bisnis. Dalam hal ini peneliti melihat para pedagang di pasar ini lebih memilih bagaimana mereka bisa mendapatkan keuntungan dalam berjual beli tanpa mementingkan etika bisnis yang berlaku. Akibatnya kepercayaan pembeli menjadi berkurang dan mencari pedagang lainnya yang lebih baik lagi dan mendapatkan pelayanan yang sesuai. Pedagang di pasar Selasa Mungka mayoritas belum menerapkan etika bisnis Islam dalam melakukan aktivitas perdagangan sebagaimana yang dianjurkan dalam Al-Qur’an dan sunnah. Dalam hal ini peneliti melihat para pedagang lebih mementingkan kehidupan duniawi. Para pedagang terkadang lalai dalam melaksanakan ibadah sholat demi kelangsungan jual beli nya. Kata kunci: Etika, Bisnis, Islami

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 06 Aug 2021 12:28
Last Modified: 06 Aug 2021 12:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53380

Actions (login required)

View Item View Item