Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 021 SERAPUNG

SELI SELFIA, - (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 021 SERAPUNG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (865kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI SELI SELVIA.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Seli Selfia, (2021): Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 021 Serapung Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kerjasama siswa pada pembelajaran tematik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 021 Serapung. Penelitian ini dilator belakangi oleh rendahnya kemampuan kerjasama siswa pada pembelajaran tematik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 15 orang siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 021 Serapung.objek penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dan kemampuan kerjasama siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan kemampuan kerjasama siswa. Hal ini dapat dilihat sebelum dilakukan tindakan hasil kemampuan kerjasama siswa hanya mencapai 47,2% atau berada pada kategori cukup. Kemudian dilakukan tindakan pada siklus I, kemampuan kerjasama siswa meningkat menjadi 56,6% atau berada pada kategori cukup. Kemudian pada siklus II, kemampuan kerjasama siswa mengalami peningkatan menjadi 77,2% atau berada pada kategori baik. Hal ini berarti sudah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada pembelajaran tematik dapat meningkatkan kemampuan kerjasama siswa di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 021 Serapung. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray, Kemampuan Kerjasama

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 06 Aug 2021 06:23
Last Modified: 06 Aug 2021 06:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53331

Actions (login required)

View Item View Item