Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

“MINAT PEDAGANG PASAR DUPA TERHADAP PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA BAITUL MAAL WAT TAMWIL DEWAN MASJID INDONESIA (BMT DMI) KOTA PEKANBARU”

Shavira Isnaini, - (2021) “MINAT PEDAGANG PASAR DUPA TERHADAP PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA BAITUL MAAL WAT TAMWIL DEWAN MASJID INDONESIA (BMT DMI) KOTA PEKANBARU”. Laporan thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Shavira Isnaini (2021): Minat Pedagang Pasar Dupa Terhadap Pembiayaan Murabahah pada Baitul Maal Wat Tamwil Dewan Masjid Indonesia (BMT DMI ) Kota Pekanbaru. BMT DMI Kota Pekanbaru membantu masyarakat untuk melangsungkan usahanya dengan memberikan usaha modal dalam bentuk pembiayaaan murabahah.Pembiayaan murabahah adalah produk yang banyak diminati oleh pedagang pasar Dupa Pekanbaru. Minat nasabah terhadap pembiayaan murabahah dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor produk,promosi,pelayanan,fasilitas pelayanan, kebutuhan, referensi, kemudahan dan faktor keyakinan. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengatahui bagaimana minat pedagang pasar Dupa terhadap Pembiayaan syariah dengan akad murabahah pada BMT DMI Kota Pekanbaru. Penelitian ini berlokasi di Pasar Dupa Pekanbaru.Dengan jenis penelitian bersifat kualitatif. Populasi dalam penelitian ini seluruh pedagang pasar Dupa pekanbaru yang menjadi nasabah BMT DMI Kota Pekanbaru sebanyak 80 nasabah, dengan teknik purposive sampel maka diperoleh 20 nasabah yang aktif menggunakan pembiayaan Murabahah di BMT DMI Kota Pekanbaru. Teknik pengumpulan data melalui angket dengan diambil menggunakan metode Deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat pedagang pasar Dupa Pekanbaru terhadap pembiayaan syariah dengan akad Murabahah pada BMT DMI Kota Pekanbaru dipengaruhi oleh faktor produk, faktor promosi, faktor pelayanan, faktor fasilitas pelayanan, faktor kebutuhan, faktor referensi, faktor kemudahan, dan faktor keyakinan. Dari 8 faktor yang mempengaruhi minat nasabah, yang paling tinggi pengaruhnya adalah dari faktor pelayanan, faktor produk, dan faktor kemudahan, dimana karyawan BMT DMI Kota pekanbaru memberikan pelayanan yang ramah, sopan dan santun, serta jelas memberikan informasi, persyaratan produk yang ringan, sudah sesuai dengn kebutuhan mereka, Produk merupakan yang diminati oleh pedagang Pasar Dupa, dimudahkan dengan penjemputan angsuran dan prosedur-prosedur, sehingga pedagang berminat untuk mengajukan pembiayaan murabahah di BMT DMI Kota Pekanbaru. Kata kunci : Minat Pedagang, Pembiayaan Murabahah, BMT

Item Type: Thesis (Laporan)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi > 332.1 Bank, Perbankan
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbankan Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 05 Aug 2021 10:38
Last Modified: 05 Aug 2021 10:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53324

Actions (login required)

View Item View Item