Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERENCANAAN KEBUTUHAN BAHAN BAKU TIANG LISTRIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE MATERIAL REQUIREMENT PLANNING (MRP) (Studi Kasus: PT Kunango Jantan Pekanbaru)

Randy Nugra Wiranda, - (2021) PERENCANAAN KEBUTUHAN BAHAN BAKU TIANG LISTRIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE MATERIAL REQUIREMENT PLANNING (MRP) (Studi Kasus: PT Kunango Jantan Pekanbaru). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
BAB I-Lampiran TA Kecuali Hasil Penelitian Randy Nugra Wiranda.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV Hasil TA Randy Nugra.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PT. Kunango Jantan merupakan suatu perusahaan industri yang bergerak dibidang manufacturing pembuatan beton. Dalam pelaksanan penelitian kali ini, banyak ditemukan penumpukan material berupa pasir, batu split medium, batu split 1/2, dan material besi seperti pc wire serta spyral wire. Hal ini dikarenakan belum terjadwalnya dengan baik rencana pemesanan kebutuhan material ini, terlebih lagi material seperti pasir dan batu split di jadwalkan masuk setiap minggunya sebanyak 20 ton sehingga dapat diperkirakan terdapat 48 kali pemesanan terhadap material tersebut per tahunnya. Hal tersebut dilakukan karena adanya kekhawatiran perusahaan akan terjadinya bencana alam yang dapat menghambat proses produksi ataupun proses pendistribusian material. Oleh karena itu untuk mengatasi permasalahan di atas maka diperlukan suatu metode pengendalian bahan baku yakninya dengan menggunakan metode material requirement planning (MRP). Berdasarkan hasil pengolahan data maka jadwal induk produksi yang baik untuk diterapkan yaitu metode transportasi karena menghasilkan biaya terendah. Kesimpulan yang diperolehlah dari hasil pengolahan data ialah teknik lot size MRP yang baik untuk diterapkan perusahaan adalah teknik lot for lot (LFL) Kata Kunci : Agregat Planning, Master Production Schedule, Material Requirement Planning, Lot Size MRP

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 06 Aug 2021 16:38
Last Modified: 06 Aug 2021 16:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53322

Actions (login required)

View Item View Item