Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Maba-diu Ar-Ruqyah Asy-Sya’iyyah wa Aatsaruha fii Sihhati mardho fi Muassasati Al-Fath Pekanbaru (Kajian living Al-Qur’an)

AHMAD JAMIL, - (2021) Maba-diu Ar-Ruqyah Asy-Sya’iyyah wa Aatsaruha fii Sihhati mardho fi Muassasati Al-Fath Pekanbaru (Kajian living Al-Qur’an). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN ANALISS)
BAB IV HASIL DAN ANALISIS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pengobatan dan penyembuhan bukan hanya melalui medis semata, tetapi dalam Islam terdapat penyembuhan melalui terapi dengan menggunakan bimbingan Al-Qur’an dan Sunnah nabi Muhammad SAW. Ruqyah Syar’iyyah ini adalah salah satu cabang dari banyak cabang pengobatan Tibbun Nabawi. Salah satu tempat berlangsungnya terapi Ruqyah Syar’iyyah ini terdapat di Pekanbaru jalan Belimbing yang dinamakan dengan yayasan Al-Fatih, yang dilakukan oleh seorang syekh yang professional yang bernama syekh Ghulam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana metode terapi Ruqyah Syar’iyyah yang dilakukan oleh syekh Ghulam dalam melakukan Ruqyah tersebut terhadap pasien, ayat apa saja yang dibacakan dalam pengobatan itu, bagaimana syekh tersebut menanamkan pemahaman Islam terhadap pasien, Serta bagaimana syekh tersebut mengimplementasikannya terhadap pasien yang terkena gangguan jiwa yang disebabkan oleh jin dan sebagainya. Dan banyak dari pasien yang terkena gangguan kesurupan jin dan malas beribadah setelah pengobatan ruqyah syar’iyah dengan membacakan ayat-ayat Al-Quran menjadi sehat kembali tanpa adanya galau risau dan kesedihan mendalam dengan izin Allah SWT. Penelitian ini adalah merupakan penelitian lapangan (field Research) dengan meneliti langsung data yang terkait lokasi penelitian yang ditetapkan dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini memberikan gambaran tentang ayat-ayat yang akan di aplikasikan kepasien. Penelitian ini disajikan dengan teknis analisis, yaitu dengan menjelaskan ayat-ayat yang berhubungan dengan ayat Ruqyah Syar’iyyah dengan merujuk pada Al-Qur’an sebagai data primer dan buku-buku literature yang berkaitan sebagai data sekunder. Kata Kunci : Ruqyah, As-Syar’iyyah, Al-Fath, Thibbun Nabawi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 05 Aug 2021 03:46
Last Modified: 05 Aug 2021 03:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53311

Actions (login required)

View Item View Item