Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGELOLAAN SISTEM DRAINASE OLEH DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG KOTA PEKANBARU BERDASARKAN PERATURAN MENTERI PEKERJAAN UMUM NOMOR 12 TAHUN 2014 TENTANG PENYELENGGARAAN SISTEM DRAINASE PERKOTAAN (Studi Kasus Drainase Jalan Saleh Abbas Pasar Bawah Kelurahan Kampung Dalam Kecamatan Senapelan Kota Pekanbaru)

ULFA SALSABILA, - (2021) PENGELOLAAN SISTEM DRAINASE OLEH DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG KOTA PEKANBARU BERDASARKAN PERATURAN MENTERI PEKERJAAN UMUM NOMOR 12 TAHUN 2014 TENTANG PENYELENGGARAAN SISTEM DRAINASE PERKOTAAN (Studi Kasus Drainase Jalan Saleh Abbas Pasar Bawah Kelurahan Kampung Dalam Kecamatan Senapelan Kota Pekanbaru). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya sistem drainase yang merupakan suatu cara untuk membuang kelebihan air yang tidak diinginkan pada suatu daerah. Dengan sistem drainase, kelebihan air dapat dialirkan ke saluran drainase. Saat musim hujan tiba, akan terjadi genangan air atau banjir di jalan dan juga menggenangi area pasar bawah. Salah satu faktor terjadinya genangan adalah curah hujan yang tinggi, saluran drainase yang tersumbat dan tidak dapat berfungsi dengan baik. Dari permasalahan tersebut maka perlu dilakukan pengelolaan saluran drainase yang rusak/bermasalah agar aliran air dapat mengalir dengan baik, oleh sebab itu peneliti tertarik untuk meneliti pengelolaan sistem drainase oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang kota Pekanbaru berdasarkan peraturan menteri pekerjaan umum Nomor 12 Tahun 2014 tentang penyelenggaraan sistem drainase perkotaan (studi kasus drainase jalan saleh abbas pasar bawah kelurahan kampung dalam kecamatan senapelan kota Pekanbaru). Penelitian ini menjelaskan mengenai beberapa permasalahan, pertama bagaimana pengelolaan sistem drainase oleh Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kota Pekanbaru berdasarkan peraturan menteri pekerjaan umum Nomor 12 Tahun 2014 tentang penyelenggaraan sistem drainase perkotaan. Kedua, faktor penghambat yang dihadapi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang kota Pekanbaru dalam Pengelolaan Sistem Drainase.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan sistem drainase oleh Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kota Pekanbaru berdasarkan peraturan menteri pekerjaan umum Nomor 12 Tahun 2014 tentang penyelenggaraan sistem drainase perkotaan (studi kasus drainase jalan saleh abbas pasar bawah kelurahan kampung dalam kecamatan senapelan kota pekanbaru), serta mengetahui faktor penghambat yang dihadapi dinas pekerjaan umum dan penataan ruang kota pekanbaru dalam pengelolaan sistem drainase. Penelitian hukum ini adalah penelitian hukum sosiologis/empiris yang bersifat deskriptif analitis. Jenis data meliputi data primer, sekunder dan tersier. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara, angket, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan sistem drainase oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Pekanbaru masih belum optimal karena masih banyak terdapat tumpukan sampah serta endapan sedimen pada sistem drainase. Selanjutnya faktor penghambat dalam pengelolaan sistem drainase oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Pekanbaru adalah minimnya anggaran untuk pengelolaan sistem drainase, kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan, serta ditambah laju pertumbahan penduduk yang terus bertambah mengakibatkan atau berdampak pada pembangunan suatu tempat/wilayah. Kata Kunci : Pengelolaan, Drainase, dan Dinas PUPR

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 05 Aug 2021 10:16
Last Modified: 05 Aug 2021 10:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53247

Actions (login required)

View Item View Item