Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS SUHU PENGERINGAN YANG BERBEDA TERHADAP MUTU FISIK DAN UJI ORGANOLEPTIK PINANG (Areca catechu L.) VARIETAS BETARA

Hamka Dede Ariman, - (2021) EFEKTIVITAS SUHU PENGERINGAN YANG BERBEDA TERHADAP MUTU FISIK DAN UJI ORGANOLEPTIK PINANG (Areca catechu L.) VARIETAS BETARA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

INTISARI Pengeringan suhu tinggi akan mempercepat proses pengeringan karena adanya suhu yang tinggi maka kelembaban relatif akan rendah dan kecepatan pengeringan akan meningkat, akan tetapi tingginya suhu dapat mempengaruhi mutu biji pinang. Tujuan penelitian adalah untuk mendapatkan suhu pengeringan terbaik terhadap mutu fisik biji pinang varietas Betara. Penelitian dilaksanakan pada Bulan Januari sampai dengan Februari 2020. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) Nonfaktorial 5 perlakuan 5 ulangan. Pengeringan yang dilakukan selama 16 jam dengan variasi suhu pengeringan terdiri atas 5 perlakuan, yakni A1=80oC, A2=90oC, A3=100oC, A4=110oC, A5=120oC. Parameter pengamatan adalah kadar air, biji pinang retak/pecah, biji pinang berkapang dan uji organoleptik yang meliputi warna, rasa, aroma. Data hasil penelitian dianalisis secara statistik dengan analisis sidik ragam dan jika berbeda nyata dilakukan uji lanjut DMRT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa suhu pengeringan pinang varietas Betara berpengaruh nyata terhadap kadar air, biji pinang retak/pecah, biji pinang berkapang dan uji organoleptik yang meliputi warna, rasa, aroma. Dapat disimpulkan bahwa efektivitas suhu pengeringan oven yang terbaik terhadap mutu fisik dan uji organoleptik pinang varietas Betara adalah pada perlakuan pengeringan suhu 120oC selama 16 jam dengan kadar air 6,34%, biji pinang retak/pecah 2,38%, biji pinang berkapang 0,00%, warna 3,27, rasa 3,35 dan aroma 4,02. Karena semua parameter pengamatan pada perlakuan ini memenuhi syarat mutu fisik biji pinang SNI 01-3450-1994. Kata kunci: pinang varietas Betara, suhu pengeringan, mutu fisik, uji organoleptik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 05 Aug 2021 03:08
Last Modified: 05 Aug 2021 03:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53244

Actions (login required)

View Item View Item