Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TRANSPARANSI ANGGARAN DAN PENINGKATAN KINERJA APARAT PEMERINTAH DI DESA PANDAU JAYA PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

MALIK AFIF, - (2021) TRANSPARANSI ANGGARAN DAN PENINGKATAN KINERJA APARAT PEMERINTAH DI DESA PANDAU JAYA PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul Transparansi Anggaran Dan Peningkatan Kinerja Aparat Pemerintah Di Desa Pandau Jaya Perspektif Ekonomi Islam. Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum transparannya anggaran desa sesuai peraturan dalam negri Nomor 20 tahun 2018 tentang pengelolaan keuangan desa, keuangan desa dikelola berdasarkan asas-asas transparansi, akuntabel, partisipatif serta dilakukan secara tertib dan disiplin. kinerja aparatur desa yang kurang baik disebabkan oleh kurang disiplinnya aparat pemerintah desa sehingga aparat desa perlu untuk membuka kemudahan akses informasi bagi masyarakat dan peningkatan kinerja. Penelitian ini dilakukan di Desa Pandau Jaya kecamatan Siak Hulu. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana transparansi anggaran pemerintah desa Pandau Jaya kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar (2) Bagaimana kinerja aparat pemerintah desa pandau jaya kecamatan siak hulu kabupaten kampar (3) Pandangan ekonomi islam terhadap transparansi anggaran dan kinerja aparat pemerintah desa pandau jaya kecamatan siak hulu kabupaten kampar Sedangkan tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana transparansi anggaran di desa pandau jaya (2) Untuk mengetahui bagaimana kinerja aparat pemerintah desa pandau jaya (3) untuk mengetahui bagaimana pandangan ekonomi islam terhadap transparansi anggaran dan peningkatan kinerja aparat pemerintah desa. informan dalam penelitian ini terdiri dari kepala Desa Pandau Jaya dan jajarannya yang dipilih oleh peneliti sesuai dengan kebutuhan informasi, dan beberapa warga setempat total informan berjumlah 7 orang, dengan metode Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dianalisis menggunakan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Data dianalisis menggunakan metode Deskriptif Kualitatif. Hasil dalam penelitian ini yakni transparansi anggaran dan peningkatan kinerja di desa pandau jaya telah melakukan upaya yang baik dalam melaksanakan transparansi anggaran dan peningkatan kinerja dengan hal tersebut dapat memberikan pelayanan yang baik, optimal dan maksimal serta meningkatkan kualitas pengurus. Bentuk transparansi seperti pemuatan informasi laporan keuangan dan pengelolaan aset yang mudah di akses oleh masyarakat dan kinerja serta sumber daya manusia yang kompenten dapat memberikan pelayanan yang semestinya kepada masyarakat. Menurut Perspektif Ekonomi Islam yaitu dengan profesionalisme pengurus yang jujur, amanah, dan bertanggung jawab, disiplin dalam menjalankan tugasnya, sehingga hal-hal tersebut selaras dengan prinsip-prinsip yang terkandung dalam ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 05 Aug 2021 02:52
Last Modified: 05 Aug 2021 02:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53212

Actions (login required)

View Item View Item